Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lihat Kecurangan Pilkada DKI? Silakan Lapor ke ACTA

Minggu, 12 Februari 2017 – 17:32 WIB
Lihat Kecurangan Pilkada DKI? Silakan Lapor ke ACTA - JPNN.COM
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Advokat Cinta Tanah Air (Acta) membuka posko pelaporan kecurangan pilkada DKI Jakarta. Posko itu berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomor 44, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua ACTA Herdiansyah mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan tentang tindak kecurangan dengan meneruskannya ke penegak hukum. Menurutnya, ACTA juga siap jemput bola jika ada praktik kecurangan.

"Pada hari H (15 Februari, red), kami akan siap menindaklanjuti Iaporan masyarakat di enam wilayah kota/kabupaten di DKI Jakarta. Kami bersikap untuk proaktif," ujarnya saat menggelar konferensi pers di kawasan Menteng, Minggu (12/2).

ACTA merasa berkepentingan untuk menjaga pelaksanaan pilkada DKI Jakarta terbebas dari kecurangan. Herdi menegaskan, pesta demokrasi di ibu kota itu harus berjalan secara bermartabat, jujur, adil dan tidak diwarnai intervensi kekuasaan.

Karena itu, ACTA juga mengeluarkan beberapa maklumat kepada warga DKI. Di antaranya mengajak warga agar tidak menyebarkan berita bohong atau hoaks.

Selain itu, ACTA juga mengajak warga DKI tak takut dan ragu menyebar informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika menemukan indikasi pelanggaran hukum di Iapangan, lanjut Herdiansyah, warga bisa mengumpulkan bukti dan melaporkannya ke penegak hukum terdekat.

ACTA pun membuka layanan pengaduan melalui telepon atan pesan singkat di nomor 0811870274. “Jangan hanya mengumumkan di medsos karena tidak akan ditindaklanjuti secara hukum," tegasnya.

Herdi juga meminta penegak hukum dan penyelenggara pilkada bisa benar-benar netral. Sebab, keberpihakan penegak hukum dan penyelenggara pilkada bisa menimbulkan kericuhan.

Advokat Cinta Tanah Air (Acta) membuka posko pelaporan kecurangan pilkada DKI Jakarta. Posko itu berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomor 44, Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close