Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lima Desa Terancam Lahar Merapi

Senin, 15 November 2010 – 03:13 WIB
Lima Desa Terancam Lahar Merapi - JPNN.COM
KLATEN - Aktivitas Gunung Merapi kemarin (14/11) memang sudah menurun dibandingkan sebelumnya, namun bukan berarti warga yang ada di bantaran Kali Gendol dan Kali Woro dapat tidur nyenyak. Ancaman lahar panas dan lahar dingin masih mengintai ribuan warga yang ada di lima desa tersebut.

      

Empat desa yang terancam ini yakni Talun, Panggang, Balerante, Bawukan, di Kecamatan Kemalang. Sedangkan satu desa berada di Kecamatan Manisrenggo yaitu Kepurun. Ancaman banjir lahar bisa terjadi kapan saja, hal ini karena permukaan Kali Gendol sudah lebih tinggi daripada permukiman warga di lima desa tersebut.

"Erupsi yang terjadi terus menerus selama sepekan terakhir membuat materi vulkanik memenuhi Kali Gendol. Bahkan kondisinya saat ini sudah cukup parah, karena kemiringan sudah mengarah ke lima desa di dua kecamatan tersebut. Tentu kondisi ini harus diwaspadai bagi warga yang tinggal di wilayah itu," ujar Penanggung Jawab Posko Satkorlak Penanggulangan Bencana (PB) Klaten Joko Rukminto.

Dia menambahkan, sudah terdapat jutaan meter kubik material yang dialirkan dari hulu Kali Gendol. Kedalaman sungai yang mencapai 10 meter lebih ternyata sudah tidak mampu lagi menampung materi vulkanik yang dialirkan bersama banjir. "Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi banjir lahan baik panas maupun dingin tentu saja warga di lima desa yang berada di bantaran Kali Gendol  akan terancam," ungkapnya.

KLATEN - Aktivitas Gunung Merapi kemarin (14/11) memang sudah menurun dibandingkan sebelumnya, namun bukan berarti warga yang ada di bantaran Kali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA