Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lulusan Kampus Akreditasi C Boleh Daftar CPNS 2018

Senin, 08 Oktober 2018 – 00:31 WIB
Lulusan Kampus Akreditasi C Boleh Daftar CPNS 2018 - JPNN.COM
Peserta Tes CPNS Kemenkumham rela berpanasan menunggu giliran pemeriksaan berkas dan tinggi badan untuk SLTA, Selasa(12/09) di GOR Kotabaru. FOTO: M RIDWAN/JAMBI EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Persyaratan berupa lampiran akreditasi kampus tak lagi diperlukan dalam pendaftaran CPNS 2018.

Jadi, meski pendaftar CPNS tersebut dari program studi, fakultas, hingga kampus dengan akreditasi C, maka tetap berpeluang lolos CPNS. Ini karena Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) hanya memberi syarat para pelamar berasal dari kampus yang terakreditasi oleh BAN-PT.

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Timur Prof Dr Sukowiyono SH MHum menyatakan, aturan ini menjadi angin segar bagi kampus. Khususnya bagi kampus swasta.

”Dulu tidak banyak Kementerian dan dinas yang mau menerima mahasiswa dari kampus atau fakultas terakreditasi C,” ucap Sukowiyono kemarin.

Dulu biasanya, seolah-olah sudah ada stereotipe kalau pelamar CPNS minimal lulusan prodi, fakultas, dan kampus yang terakreditasi B. Itu pun akreditasinya wajib berlaku selama pendaftaran CPNS berlangsung. ”Ini menjadi keluhan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Tapi, swasta lebih mengeluhkan ini,” kata dia.

Sebab, hampir semua perguruan tinggi mengeluhkan proses mengurus reakreditasi atau peninjauan ulang status akreditasi prodi, fakultas, dan kampus. Itu pun pihak kampus wajib mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, waktu peninjauan yang lama dan kampus wajib antre. ”Mengapa mengantre karena asesor akreditasi BAN-PT itu jumlahnya terbatas,” kata dia.

Pria yang sekaligus rektor Universitas Wisnuwardhana ini mencontohkan, saat ini ada beberapa program studi di beberapa kampus yang sudah habis masa akreditasi pada Desember 2017. Beberapa kampus sudah melakukan pendaftaran reakreditasi.

Sayangnya, hingga kini belum juga ada giliran untuk ditinjau asesor. Padahal, masa pendaftaran CPNS juga tidak lama. ”Hanya sedikit instansi yang masih menerima pelamar dari perguruan tinggi akreditasi C,” kata dia.

Para lulusan perguruan tinggi yang ingin melamar sebagai calon CPNS 2018 bisa lebih mudah lantaran tak perlu keterangan akreditasi kampus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close