Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MA Jamin Kualitas Pengganti Arsyad

Jumat, 11 Maret 2011 – 05:02 WIB
MA Jamin Kualitas Pengganti Arsyad - JPNN.COM
JAKARTA - Banyaknya kritik terhadap dua calon hakim konstitusi membuat Ketua Mahkamah Agung Harifin Andi Tumpa pasang badan. Harifin menegaskan bahwa dua hakim tersebut adalah calon terbaik yang diajukan MA untuk menggantikan hakim konstitusi Arysad Sanusi.

"Kami mengetahui siapa hakim-hakim yang baik. Jadi, apa lagi yang mesti keberatan" Kalau ICW (Indonesia Corruption Watch) keberatan, silakan disampaikan, kami akan klarifikasi," kata Harifin usai seminar di Hotel Millenium di Jakarta, Rabu (10/3).

Pernyataan itu disampaikan Harifin menyusul banyaknya kritik terhadap dua hakim yang diajukan MA. Mereka adalah Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA Anwar Usman dan hakim tinggi di PT TUN (Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara) Medan Irfan Fachruddin. ICW menyebut proses terpilihnya dua orang itu tidak transparan. Akibatnya, kualitas dua calon tersebut tidak terukur.

Apalagi, uji publik hanya dilakukan via website resmi MA. Lembaga tertinggi peradilan itu bahkan tidak mengumumkannya melalui media massa. Sejumlah aktivis hukum mendesak agar pencalonan itu diulang. "Proses seleksi yang tertutup melanggar UU MK (Mahkamah Konstitusi). Kalau perlu diulang saja pencalonannya," kata Koordinator Bidang Hukum ICW Febri Diansyah.

JAKARTA - Banyaknya kritik terhadap dua calon hakim konstitusi membuat Ketua Mahkamah Agung Harifin Andi Tumpa pasang badan. Harifin menegaskan bahwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close