Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mahasiswa Kembali Desak DPR Bentuk Pansus Mafia Nikel

Kamis, 05 Desember 2019 – 18:00 WIB
Mahasiswa Kembali Desak DPR Bentuk Pansus Mafia Nikel - JPNN.COM
Ilustrasi Gedung DPR. Foto: dok.

jpnn.com, JAKARTA - Massa yang tergabung dalam koalisi mahasiswa pedulli bangsa dan koalisi mahasiswa Indonesia kembali melangsungkan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (4/12) siang.

Masa gabungan mahasiswa dan pemuda dari berbagai kampus tersebut melakukan longmarch dari depan taman ria senayan hingga depan gedung DPR/MPR sembari membawa spanduk-spanduk tuntutan dan mengibarkan bendera merah putih.

Dalam tuntutanya para mahasiswa mendesak komisi VI dan komisi VII DPR RI agar segera membentuk pansus untuk membersihkan industri nikel Indonesia yang kini ditengarai sedang dikuasai oleh kartel/mafia.

Menurut Koordinator Aksi Dony Manurung, salah satu permainan yang sangat terlihat dalam proses transaksi nikel ialah melalui surveyor-surveyor yang melakukan tugas penilaian kadar bijih nikel dari penambang yang kemudian akan dijual kepada smelter.

“Pemerintah itu sudah menunjuk surveyor-surveyor yang dipercaya untuk menghitung kadar nikel, seperti Sucofindo, Surveyor Indonesia, Carsurin, Geo Service, dan Anindy, namun kenyataan dilapangan 2 smelter besar yang dimiliki asing ini kerap kali menggunakan surveyor lain dan tidak mau menggunakan surveyor resmi pilihan pemerintah,” ujar dia.

Selain itu kebijakan larangan ekspor bijih nikel yang dikeluarkan pemerintah melalui kepala BKPM Bahlil Lahadalia juga dinilai sarat akan kolusi, korupsi dan nepotisme yang berpotensi besar merugikan Negara dan penambang lokal hingga triliunan rupiah.

Menurut Dony, pelarangan ekspor bijih nikel ini jelas-jelas akan membuat 26 smelter nasional yang sedang dalam proses pembangunan akan terlantar, hal tersebut disebabkan karena selama ini smelter-smelter tersebut hanya berharap dapat mengumpulkan anggaran dari hasil penjualan nikel kadar rendah yakni <1.7%, dan hingga saat ini pemerintah seperti menutup mata.

“Kalau larangan ini diberlakukan, mau dibawa kemana nasib 26 smelter nasional yang sedang dibangun saat ini? Padahal mereka hanya berharap dapat mengumpulkan anggaran dari hasil penjualan nikel kadar rendah, pemerintah harusnya bisa memberikan atensi khusus untuk ini, kan smelter-smelter itu punya anak bangsa sendiri, kok seperti malah dengan sengaja mau ditelantarkan,” beber dia.

Massa yang tergabung dalam koalisi mahasiswa pedulli bangsa dan koalisi mahasiswa Indonesia kembali melangsungkan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR/MPR RI Senayan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close