Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Maret, Ujicoba Contraflow Busway

Jumat, 25 Februari 2011 – 18:30 WIB
Maret, Ujicoba Contraflow Busway - JPNN.COM
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya akan mengkaji sistem contraflow pada Maret mendatang. Sebanyak 10 jalur busway akan diujicoba untuk menerapkan contraflow. Apakah hasilnya efektif atau justru semakin menambah kemacetan dan rawan kecelakaan.

"Tim akan mempelajari koridor mana saja yang bisa diterapkan sistem ini dengan melihat keamanan jalur, keuntungan dan kerugiannya, peraturan perundangan serta fasilitas sarana dan prasarana pendukungnya," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, kemarin.

Saat ini, kajian teoretis sistem contraflow telah dibuat oleh Dinas Perhubungan DKI dan Polda Metro Jaya. Sehingga, sambil memperdalam kajian dilakukan ujicoba di lapangan. Untuk mengefektifkan sistem kontraflow memang dibutuhkan peran aktif masyarakat. Mengingat jika contraflow diterapkan, jalur busway harus steril. Jika tidak, busway rawan terjebak kemacetan serta rentan terjadi kecelakaan.

"Jika sosialisasi cukup, dan bisa diterapkan sistem tersebut, kami perkirakan lama perjalanan bus Transjakarta dari halte ke halte bisa dipercepat," ungkapnya.

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya akan mengkaji sistem contraflow pada Maret mendatang. Sebanyak 10 jalur busway akan diujicoba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close