Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mas Nadiem Beber Terobosan Penyelesaian Guru Honorer, Ada soal Perekrutan PPPK 2023

Sabtu, 15 April 2023 – 19:11 WIB
Mas Nadiem Beber Terobosan Penyelesaian Guru Honorer, Ada soal Perekrutan PPPK 2023 - JPNN.COM
Mendikbudristek Nadiem Makarim alias Mas Nadiem Beber Terobosan Penyelesaian Guru Honorer, Ada soal Perekrutan PPPK 2023. Foto: Ilustrasi/ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengungkapkan berbagai terobosan dilakukan pemerintah dalam menuntaskan permasalahan guru honorer yang telah menahun. 

"Penuntasan permasalahan guru honorer diamanahkan Bapak Presiden Joko Widodo kepada saya dan dari awal telah menjadi prioritas saya dan tim di Kemendikbudristek," kata Mas Nadiem, sapaannya di Jakarta, Sabtu (15/4).

Dia bersyukur permasalahan ini makin terurai meski dalam perjalanannya sangat banyak tantangan

Berikut beberapa perubahan positif yang ingin dicapai melalui rekrutmen guru ASN PPPK

1. Adanya perubahan status guru dari honorer ke ASN PPPK sehingga membawa jaminan kesejahteraan ekonomi bagi guru, yang meliputi gaji dan tunjangan profesi. 

2. Perubahan status tersebut akan memungkinkan lebih banyak guru mengikuti program-program peningkatan kompetensi dan sertifikasi. 

3. Memberikan solusi kebutuhan guru di daerah.

Pada 2021, lanjutnya, yang bertepatan dengan masa pandemi menjadi awal rekor upaya perubahan nasib guru di mana untuk pertama kalinya dalam sejarah, pemerintah daerah  berhasil mengajukan formasi guru ASN PPPK sebanyak lebih dari 513 ribu. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim alias Mas Nadiem Beber Terobosan Penyelesaian Guru Honorer, Ada soal Perekrutan PPPK 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close