Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masyarakat Papua Minta 2 Provinsi Pemekaran Lagi, Wapres Merespons Begini

Sabtu, 03 Desember 2022 – 10:28 WIB
Masyarakat Papua Minta 2 Provinsi Pemekaran Lagi, Wapres Merespons Begini - JPNN.COM
Wakil Presiden Maruf Amin. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, BIAK NUMFOR - Wakil Presiden Ma'ruf Amin merespons usulan pembentukan dua provinsi pemekaran lagi yang disampaikan masyarakat Papua.

Menurut Wapres, ada dua wilayah adat yang meminta dijadikan daerah otonomi baru (DOB), yakni adat Saireri dan Bomberai.

"Kami catat. Mudah-mudahan ada juga DOB baru lagi," kata Ma'ruf Amin menjawab usulan tersebut di Pantai Parai, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Jumat (2/12).

Saat beraudiensi dengan sejumlah kepala daerah dan pejabat daerah di Biak Numfor, Papua, Jumat, Wapres Ma'ruf Amin menerima aspirasi agar wilayah adat Saireri dijadikan DOB Provinsi Papua Utara.

Sebelumnya, Kamis (30/11), Ma'ruf Amin juga mendengar usulan pemekaran wilayah Bomberai Raya atau Papua Barat Tengah menjadi provinsi baru di Papua.

Saat kunjungan itu, Wapres Ma'ruf sangat terkesan dengan semangat dari berbagai segmen sosial dalam mewujudkan Papua yang sejahtera, aman, dan damai.

"Tadi, saya keliling ke lima tempat, ini saya dapat kesan semangatnya ada, termasuk di Biak (Numfor) ini, untuk menjadikan Papua sejahtera, adil, dan damai," ucapnya.

Sebelumnya dalam audiensi dengan Wapres Ma'ruf Amin, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap meminta agar wilayah adat Saireri yang terdiri atas Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Kepulauan Waropen, dan Supiori, dapat dimekarkan menjadi Provinsi Papua utara.

Wapres Ma'ruf Amin menanggapi aspirasi masyarakat Papua yang meminta 2 provinsi pemekaran alias DOB lagi di wilayah adat Saireri dan Bomberai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close