Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mayoritas Nahdiyin Kompak Mendukung Prabowo pada Pilpres

Rabu, 16 Agustus 2023 – 17:54 WIB
Mayoritas Nahdiyin Kompak Mendukung Prabowo pada Pilpres - JPNN.COM
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mayoritas warga dari kalangan nahdiyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU) kompak mendukung bacapres Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu tercermin dari hasil survei yang telah dikeluarkan oleh Surabaya Research Syndicate (SRS) periode 2-11 Agustus 2023.

Peneliti Senior SRS, Edwin Abdul mengungkapkan dalam hasil survei terbaru Prabowo terbukti mendapatkan dukungan tertinggi dari kalangan nahdiyin.

Edwin menuturkan tak hanya dari kalangan nahdiyin, PKB juga menjadi variabel penentu keunggulan Prabowo atas capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo di Jawa Timur (Jatim).

“Berdasarkan analisis tabulasi silang dari hasil survei SRS diketahui bahwa bagian terbesar kaum nahdliyin, 41,5 persen cenderung memilih Prabowo,” kata Edwin, dalam keterangan persnya, Rabu (16/8).

Dia mengatakan naiknya elektabilitas Prabowo di Jatim memang tidak terlepas dari PKB dalam gerbong koalisi Partai Gerindra. Mengingat PKB merupakan partai yang lahir dari rahim NU.

“Setelah Prabowo menggandeng PKB dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), dukungan warga NU mulai mengalir kepada Menteri Pertahanan RI itu,” kata Edwin.

Dengan adanya dukungan dari nahdiyin, Prabowo memiliki peluang menang lebih tinggi Jatim.

Mayoritas nahdiyin yang ada di Jawa Timur kompak memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close