Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Megawati Yakini Pancasila Laku di Luar Negeri

Kamis, 19 Mei 2011 – 01:01 WIB
Megawati Yakini Pancasila Laku di Luar Negeri - JPNN.COM
JAKARTA - Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, menyatakan keyakinannya bahwa Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia bisa diterapkan di negara lain. Pasalnya, Pancasila bisa menjadi ideologi multibudaya.

Hal itu disampaikan Megawati saat tampil sebagai pembicara kunci (keynote speaker) pada 1st World Cultural Forum (WFC) di Suzhou, China, Rabu (18/5), sebagaimana dituturkan Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristianti melalui surat elektronik (email) ke JPNN. Hasto yang turut menyertai lawatan Megawati ke China, mengatakan, Ketua Umum PDIP itu ke dalam pidatonya menyarankan bahwa prinsip-prinsip dasar Pancasila dapat sepenuhnya dipertimbangkan dan diadopsi negara lain.

“Saya sangat menyarankan bahwa prinsip-prinsip dasar Pancasila dapat sepenuhnya dipertimbangkan dan diadopsi, di mana kemanusiaan, keadilan sosial dan persaudaraan di antara bangsa-bangsa adalah nilai-nilai utama untuk membangun dunia baru dan untuk memastikan perdamaian dunia, keadilan sosial dan kemakmuran rakyat,” ujar Hasto mengutip pidato Megawati yang disampaikan dalam Bahasa Inggris.

Di depan audiens yang datang dari berbagai negara, Megawati juga membanggakan Pancasila yang sangat menekankan titik-titik kesamaan dalam praktik sosial. “Kami sangat beruntung  Bung Karno telah merumuskan Pancasila dari jantung budaya Indonesia dan ini telah menjadi landasan dasar Bangsa Indonesia,” jelasnya. “Saat kita menuju dialog multikultural, maka pemikiran pendiri negara Indonesia, Soekarno, sangat relevan untuk bisa dipahami,” imbuhnya.

JAKARTA - Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, menyatakan keyakinannya bahwa Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia bisa diterapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close