Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Melalui Buku Merawat Pertiwi, Sosok Lain Megawati Terkuak

Rabu, 24 Maret 2021 – 16:45 WIB
Melalui Buku Merawat Pertiwi, Sosok Lain Megawati Terkuak - JPNN.COM
PDI Perjuangan meluncurkan buku 'Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam' pada Rabu (24/3). Foto: Screenshot di akun DPP PDI Perjuangan di YouTube

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan meluncurkan buku 'Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam' pada Rabu (24/3).

Buku yang mengisahkan pengalaman Megawati dalam merawat lingkungan itu akan menjadi panduan bagi setiap kader PDI Perjuangan untuk peduli terhadap lingkungan.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, ketua umumnya itu memang sejak dulu mengajarkan kepada para kader untuk peduli lingkungan.

Hasto menilai Presiden Kelima RI itu selalu mendorong politik kebangsaan harus juga mengedepankan politik lingkungan.

"Kami di partai oleh Bu Megawati agak terharu, karena beliau selalu mengajarkan kami berpolitik itu merawat kehidupan, berpolitik itu membangun peradaban. Maka kebiasaan beliau menanam bagi kami itu jadi sesuatu tradisi kontemplasi yang di mana bagi seluruh kader PDIP sangat penting," kata Hasto.

Hasto menjelaskan, ketua umumnya itu mengajarkan nilai luhur tentang kebudayaan memayu hanuning bawana. Maknaya, seluruh manusia harus menyatu dengan alam raya. Apalagi Indonesia merupakan negara yang dikaruniai keindahan yang luar biasa serta keanekaragaman flora dan fauna.

"Kami harus kembangkan sebagai suatu bentuk semangat untuk berdikari. Kalau kami melihat dari apa yang disampaikan Bu Mega, rasanya kami harus terus membangun semangat juang itu agar Indonesia yang gemah ripah loh jinawi ini, mampu berdaulat di bidang pangan sehingga kita tidak perlu lagi impor. Karena tinggal kemauan dari kita," jelas Hasto.

Dua penulis buku Merawat Pertiwi ini, yaitu Kristin Samah dan Maria Karsia menyampaikan latar belakang dan isi karya mereka itu.

PDI Perjuangan meluncurkan buku 'Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam' yang mengisahkan pengalaman Megawati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close