Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Melawan Dominasi Olahraga di Layar Game

Jumat, 05 Desember 2014 – 15:47 WIB
Melawan Dominasi Olahraga di Layar Game - JPNN.COM
Menpora, Imam Nahrawi. Foto: dok/JPNN.com

PUTRA Bangkalan, Madura ini, H. Imam Nahrawi, S.Ag, sempat diam terpaku beberapa detik, tatkala dirinya ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Dia berkaca pada anak-anaknya, saat liburan tiba, dia mengajak berolahraga pagi, rekreasi dengan olahraga ringan. Apa jawabnya? “Main game aja, kan lengkap, ada permainan apa saja?”

 

Ada sepak bola, tenis lapangan, bola voli, golf, baseball, otomotif, berkuda, sampai catur sekalipun. Industri kreatif sudah menciptakan programnya, tinggal download atau belanja di app store, semua tersedia secara on line. Lebih atraktif, lebih seru, lebih berwarna, sangat menantang, menggemaskan, mirip dunia nyata, dan bikin ketagihan. Makin kalah skor, makin penasaran, dan makin banyak menghabiskan waktu di depan layar games. Hah?

Pria kelahiran 8 Juli 1973 ini pun mengelus dada, saat mencermati perilaku anak-anaknya. Ironisme yang massif, banyak yang menganggukkan kepala ketika dia berkisah soal game itu. Dia menyebut, ini adalah indikasi bahwa “olahraga nyata”, itu sudah mulai tergeser peran dan spiritnya oleh piranti elektronik berbasis teknologi. Olahraga sudah bermetamorfosis menjadi “maya” atau fatamorgana. Olahraga di depan touch screen.

Dia tidak menolak hadirnya teknologi yang membuat anak-anak masa kini lebih “jatuh hati” dengan aneka kemasan dan fitur yang di up grade tanpa henti. Games sudah menggeser peran aktivitas riil. Dia menyadari, teknologi tidak mungkin dihindari, tetapi harus dikendalikan secara proporsional. “Jika ingin anak-anak kita jadi hidup individualis, tanpa bersosialisasi dengan orang lain. Sementara tuntutan ke depan, tidak cukup hanya di depan komputer saja,” paparnya.

PUTRA Bangkalan, Madura ini, H. Imam Nahrawi, S.Ag, sempat diam terpaku beberapa detik, tatkala dirinya ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Opini

    Ramadan Mengisi Energi Gotong Royong

    Minggu, 07 April 2024 – 12:27 WIB
    Ramadan Mengisi Energi Gotong Royong - JPNN.com
  • Opini

    Oposisi Dalam Demokrasi Pancasila

    Jumat, 05 April 2024 – 16:31 WIB
    Oposisi Dalam Demokrasi Pancasila - JPNN.com
  • Opini

    Pangan Bukan Komoditas Politik

    Minggu, 17 Maret 2024 – 19:13 WIB
    Pangan Bukan Komoditas Politik - JPNN.com
  • Opini

    Tuan Rondahaim Saragih Pantas Menerima Anugerah Pahlawan Nasional 2024

    Kamis, 14 Maret 2024 – 10:00 WIB
    Tuan Rondahaim Saragih Pantas Menerima Anugerah Pahlawan Nasional 2024 - JPNN.com
X Close