Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Membuka Edufair SMA 8 Jakarta Tahap 2 - UGM, Begini Pesan Anies Baswedan

Rabu, 11 Agustus 2021 – 10:49 WIB
Membuka Edufair SMA 8 Jakarta Tahap 2 - UGM, Begini Pesan Anies Baswedan - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan ketika memberikan pembekalan sekaligus membuka acara Edufair Fondasi 22 Sesi PTN Big Dreams Big Choices One day with UGM di SMAN 8 Jakarta, Sabtu (7/8). Foto: Tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan universitas itu pada intinya tempat untuk menumbuhkan minat dan potensi sehingga jenjang pendidikan S1 harus dilihat sebagai pembelajaran dari segala aspek.

“Jadi, kuliah jangan hanya dipandang satu bidang saja. Karena masa kuliah adalah masa pengembangan potensi diri. Saya merasakan, juga di kampus lain yang heterogen, (ada ilmu sosial yang bervariasi dan ada ilmu alam yang beragam). Ini satu ekosistem yang baik,” ujar Anies Baswedan ketika memberikan pembekalan sekaligus membuka acara Edufair Fondasi 22 Sesi PTN Big Dreams Big Choices One day with UGM di SMAN 8 Jakarta, Sabtu (7/8) pagi.

Acara ini dipandu oleh Alfito Deannova Gintings, Pemimpin Redaksi Detik,com yang juga orang tua siswa Kelas XII.

Dalam pidato pembukaan yang dilakukan secara langsung via zoom, Gubernur Anies yang juga alumni UGM Yogyakarta ini merasakan kuliah di UGM yang berbekas sampai sekarang.

“Kampus UGM bagi saya seakan halaman rumah saya, sekitar 500 meter. Jadi, masa kecil saya ya di gedung pusat UGM itu, apalagi kalau musim Ramadan, lari-lari di sana, juga main sepak bola di lahan yang sekarang berdiri FEUI,” ungkap Anies.

Anies menyarankan kepada para siswa dan juga orang tua agar memilih bidang yang disukai dan minat yang tinggi ketika mendaftar kuliah. Jangan paksakan ambil bidang karena ingin dipuji lingkungan, misalkan minatnya di Fakultas Sastra tetapi kalau di luaran sana tidak dianggap ranking tinggi dan bukan sesuatu yang membanggakan.

“Jadi, orang tua juga harus hati-hati menyarankan kepada anak dalam memilih jurusan agar nantinya tidak menyesal,” kata Anies.

Anies juga mengingatkan tentang pentingnya mempersiapkan kuliah. “Masa kuliah merupakan masa yang  tidak bisa diulang karena itu harus dimanfaatkan waktunya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan universitas itu pada intinya tempat untuk menumbuhkan minat dan potensi sehingga jenjang pendidikan S1 harus dilihat sebagai pembelajaran dari segala aspek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close