Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menaker Ida Fauziyah Tinjau Desa Pagersari yang Jadi Pilot Project Desa Migran Produktif

Jumat, 22 September 2023 – 22:19 WIB
Menaker Ida Fauziyah Tinjau Desa Pagersari yang Jadi Pilot Project Desa Migran Produktif - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Pagersari di Kabupaten Tulungagung yang menjadi pilot project pemberdayaan pekerja migran Indonesia melalui Desa Migran Produktif (Desmigratif), Jumat (22/9). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengunjungi Desa Pagersari di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (22/9).

Pagersari merupakan salah satu desa yang menjadi pilot project pemberdayaan pekerja migran Indonesia melalui Desa Migran Produktif (Desmigratif).

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Menaker Ida Fauziyah juga berdialog dengan perwakilan kementerian atau lembaga, pengelola Desmigratif, pemerintah daerah dan desa, serta warga setempat.

Menaker Ida mengapresiasi kolaborasi kementerian atau lembaga yang terlibat dalam pilot project di tiga Desa di Tulungagung, yaitu Desa Pagersari, Desa Betak, dan Desa Tunggangri untuk melaksanakan program pemberdayaan pekerja migran Indonesia melalui Desmigratif di Kabupaten Tulungagung.

"Kami tahu bahwa kerja membangun Desmigratif dengan empat pilar tadi tidak bisa dilakukan oleh satu kementerian saja. Ini perlu ada kolaborasi, sinergitas, dari kementerian atau lembaga," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida Fauziyah menyebutkan Desmigratif mengusung konsep kolaboratif, di mana pelaksanaannya bekerja sama, bersinergi, dan berintegrasi dengan berbagai kegiatan dan program yang terkait dari para pemangku kepentingan.

Selain itu, Desmigratif juga mengusung konsep partisipatif, di mana masyarakat terlibat secara aktif dalam proses.

Selanjutnya, konsep berkelanjutan, di mana setiap pengambilan keputusan dalam penyelenggaraan program Desmigratif harus mempertimbangkan peningkatan kesejahteraan pekerja migran Indonesia dan keluarganya, tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga di masa depan.

Pagersari merupakan salah satu desa di Tulungagung yang menjadi pilot project pemberdayaan pekerja migran Indonesia melalui Desa Migran Produktif (Desmigratif)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close