Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendagri Tito Beri Penghargaan kepada Pasangan Calon Kada yang Tertib

Kamis, 10 September 2020 – 20:51 WIB
Mendagri Tito Beri Penghargaan kepada Pasangan Calon Kada yang Tertib - JPNN.COM
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kemendagri tidak hanya memberikan teguran kepada sejumlah kepala daerah (kada) petahana terkait pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 saat pendaftaran pasangan calon kada pada 4-6 September lalu.

Namun, Kemendagri ternyata juga memberikan reward alias penghargaan kepada kada yang daerahnya sangat tertib selama proses pendaftaran calon pilkada yang akan digelar 9 Desember 2020 itu.  

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, selain ada yang ditegur karena pengumpulan dan kerumunan massa, konvoi, arak-arakan, deklarasi terbuka saat pendaftaran pilkada, terdapat pula daerah yang tertib sehingga diberikan apresiasi dan penghargaan.

“Kami juga memberi reward kepada pasangan calon (petahana) yang patuh tanpa pengumpulan massa,” kata Tito saat rapat kerja dengan Komisi II DPR, KPU, Bawaslu, dan DKPP, Kamis (10/9).

Mantan Kapolri ini menjelaskan bahwa  pihaknya memberikan apresiasi kepada daerah tersebut, bahkan rencananya akan diberikan Anjungan Dukcapil Mandiri dari Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk dua bupati, satu wakil wali kota, dan satu gubernur, yang daerahnya tertib.

“Yakni, untuk bupati Gotontalo, bupati Luwuk Utara, wakil wali kota Ternate, wakil wali kota Denpasar, dan gubernur Gorontalo. Ini daerahnya tertib, tidak terjadi pengumpulan massa,” ungkap mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Sejauh ini, kata Tito menambahkan, sudah ada sebanyak 72 teguran yang diberikan kepada pasangan calon petahana yang berstatus kada atau aparatur sipil negara yang tidak tertib selama pendaftaran kemarin.

“Ada 72 teguran yang sudah kami sampaikan. Satu gubernur, 36 bupati, 25 wakil bupati, lima wali kota, dan lima wakil wali kota,” katanya.

Mendagri Tito Karnavian memberikan reward kepada kepala daerah yang tertib melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 saat pendaftaran pasangan calon kepala daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close