Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia dan G20 Sepakat Perkuat Kerja Sama untuk Hadapi Tantangan Global

Senin, 01 Maret 2021 – 10:03 WIB
Indonesia dan G20 Sepakat Perkuat Kerja Sama untuk Hadapi Tantangan Global - JPNN.COM
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Indonesia perkuat kerja sama internasional. Foto: Ricardo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia gencar melakukan kerja sama internasional, salah satunya G20.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan kerja sama internasional dilakukan untuk memperkuat langkah mencapai pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19.

“Ekonomi dunia termasuk Indonesia masih membutuhkan dukungan untuk pemulihan,” kata Sri Mulyani dalam pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20 yang membahas Ekonomi Global dan Aksi Kebijakan untuk Pemulihan Transformatif dan Berkeadilan serta Isu-Isu Sektor Keuangan, di Jakarta, Senin (1/3).

Sri Mulyani menjelaskan, Indonesia masih mengalokasikan belanja negara yang cukup besar untuk penanganan pandemi pada tahun ini di tengah penerimaan negara yang terbatas.

"Tapi kami memastikan Indonesia secara perlahan akan berupaya melepaskan ketergantungan ekonomi pada dukungan fiskal dan moneter dengan berbagai reformasi," jelas Mantan Direktur Pelaksana World Bank Itu.

Sementara itu, penguatan kerja sama internasional juga dipertegas oleh para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20. Upaya ini dilakukan untuk menghadapi tantangan global melalui pendekatan multilateralisme yang lebih kuat.

Sri Mulyani meyakini, pemulihan ekonomi global pada 2021 diperkirakan akan membaik seiring telah dimulainya pelaksanaan vaksinasi dan relaksasi pembatasan sosial di berbagai negara.

Pertemuan G20 menegaskan komitmen dalam membantu negara-negara miskin yang beban utangnya meningkat melalui restrukturisasi utang dalam kerangka Debt Service Suspension Initiative (DSSI) dan G20 Common Framework on Debt Treatment.

Indonesia perkuat kerja sama internasional untuk pemulihan ekonomi nasional. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close