Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko PMK: Menyeberang Bakauheni-Merak Harus Bebas Covid-19

Senin, 17 Mei 2021 – 00:51 WIB
Menko PMK: Menyeberang Bakauheni-Merak Harus Bebas Covid-19 - JPNN.COM
Menko PMK Muhadjir Effendy melakukan peninjauan arus balik. Foto: Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Minggu (16/5).

Kunjungan itu dilakukan dalam rangka mengecek langsung pengendalian arus transportasi di hari terakhir libur Idulfitri 1442 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Menko PMK bersama Menhub berkoordinasi dengan stakeholder terkait dalam pengendalian arus transportasi di Bakauheni, di antaranya bersama Kapolda dan Pangdam Provinsi Lampung, Sekjen Kemenhub Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan Dirut ASDP Ira Puspadewi.

Dalam koordinasinya itu, Menko PMK mendapatkan laporan dan informasi terkait antisipasi dan penanganan arus transportasi dari Pulau Sumatera ke Jawa. Salah satunya terkait antisipasi masyarakat yang akan menyeberang ke Jawa agar dipastikan benar-benar aman dari Covid-19.

"Itu betul-betul menjadi kunci. Upayakan yang berangkat itu benar-benar sehat," kata Menko Muhadjir dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Transportasi, di Kantor ASDP Pelabuhan Bakauheni.

Menhub Budi Karya menerangkan, berdasarkan data, pada kesempatan Lebaran masyarakat yang menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung sebanyak 440 ribu orang, dan diperkirakan yang kembali ke Jawa jumlahnya akan sama.

Untuk menghindari penumpukan di Pelabuhan Bakauheni, Menhub meminta agar masyarakat yang akan menyeberang ke Jawa untuk melakukan swab antigen di daerah asal keberangkatannya.

"Kalau dia dari Sumatera Barat ya di Sumatera Barat, dari Aceh ya di Aceh. Kalau dari Sumatera Selatan ya di Sumatera Selatan. Karena kami menghindari penumpukan di sini," katanya.

Menko PMK meminta masyarakat yang ingin menyeberang ke Pulau Jawa harus melakukan swab antigen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close