Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko PMK: Sarana Kesehatan Meningkat karena  Pandemi COVID-19

Selasa, 03 November 2020 – 21:27 WIB
Menko PMK: Sarana Kesehatan Meningkat karena  Pandemi COVID-19 - JPNN.COM
Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau fasilitas kesehatan di salah satu rumah sakit. foto Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengklaim pemerintah telah berhasil memanfaatkan momentum pandemi COVID-19 untuk mempercepat pembangunan pelayanan kesehatan nasional. 

Dia menjabarkan beberapa indikator keberhasilan peningkatan fasilitas kesehatan di masa pandemi COVID-19 yang telah dilakukan pemerintah.

Pertama, mengenai RS rujukan, pada April 2020 ketika awal pandemi melanda hanya sebanyak 429 RS. Saat ini, pada Oktober meningkat dua kali lipat menjadi 835 RS rujukan di seluruh Indonesia.

Kedua, jumlah tempat tidur RS, pada awal pandemi melanda hanya sebanyak 6.224 tempat tidur. Per Oktober telah meningkat tiga kali lipat menjadi 20.386 tempat tidur. 

Ketiga, perangkat dan alat kesehatan ventilator, jumlah per April seluruh Indonesia hanya sebanyak 1.228 perangkat. Per Oktober telah meningkat tujuh kali lipat sebanyak 9.138 perangkat. 

Keempat, fasilitas laboratorium, pada bulan April hanya tersedia 46 laboratorium di Indonesia. Saat ini sudah meningkat sebanyak 337 laboratorium.

"Jadi memang ada lompatan-lompatan dan perubahan yang luar biasa drastis. Saya bersama Pak Menkes juga turun terus ke lapangan untuk memastikan bukan hanya pertambahannya saja yang terjadi tetapi pemerataan juga," ungkapnya.

Muhadjir mengatakan, adanya tantangan dan ancaman seperti Pandemi COVID-19 apabila dapat dimanfaatkan dengan baik, maka akan menjadi modal untuk membuat terobosan menuju kemajuan. Salah satu contohnya adalah seperti yang dilakukan oleh RS PKU Muhammadiyah Gombong yang meningkatkan kualitas fasilitas dan pelayanan kesehatannya.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan pemerintah berhasil memanfaatkan momentum COVID-19 untuk memperbaiki sarpras kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close