Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkominfo Budi Arie Tegaskan Gedung Istana Garuda IKN Kebanggaan Nasional

Jumat, 09 Agustus 2024 – 19:50 WIB
Menkominfo Budi Arie Tegaskan Gedung Istana Garuda IKN Kebanggaan Nasional - JPNN.COM
Menkominfo Budi Arie Setiadi. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa gedung Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan kebanggaan bangsa Indonesia.

Budi menyampaikan itu merespons adanya warganet yang menganggap sayap Istana Garuda yang tampak berwarna cokelat gelap kehitaman menyerupai kelelawar dibanding burung garuda.

“Desain dan karya arsitektur Istana Garuda di IKN tentu menjadi salah satu kebanggaan nasional,” kata Budi di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta, Jumat, (9/8).

Dia menjelaskan bentuk desain burung garuda yang mengepakkan sayap karya dengan nama Istana Garuda merupakan satu dari bagian Istana Kepresidenan Nusantara yang dibangun di lahan seluas 55,7 Ha, dan luas tapak 334.200 meter persegi. 

Menurut Budi, burung garuda menjadi desain karena kaitannya yang sangat erat dengan kebinekaan di Indonesia. 

"Tanah air kita sangat beragam dengan berbagai perbedaan, segala silang pandang, segala keragaman adat istiadat dan perilaku, dan perbedaan kepercayaan dan agama. Garuda merupakan simbol persatuan, palagi garuda juga menjadi bagian dari lambang negara, Bineka Tunggal Ika," jelasnya.

Budi menyebutkan Istana Garuda dirancang sebagai rumah yang berasosiasi pada burung garuda. 

Dia juga menjelaskan Istana Garuda bukan hanya menjadi landmark sebuah kawasan, melainkan juga perpaduan yang selaras antara seni, sains, dan teknologi karya anak bangsa. 

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa gedung Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan kebanggaan bangsa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA