Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menparekraf Gandeng Universitas Terbuka Fasilitasi Pelaku Ekonomi Kreatif

Kamis, 02 Desember 2021 – 21:50 WIB
Menparekraf Gandeng Universitas Terbuka Fasilitasi Pelaku Ekonomi Kreatif - JPNN.COM
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak seluruh stakeholder bekerja sama dengan Universitas Terbuka. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak seluruh stakeholder bekerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) dalam meningkatkan kompetensinya.

Menurutnya, hal ini penting sebagai bekal menghadapi revolusi industri 4.0 dan era society 5.0. 

"Saya mengajak seluruh pihak bekerja sama dengan UT untuk meningkatkan skill, kreativitas dan kecakapan menghadapi tantangan saat ini," kata Sandiaga Uno, dalam Seminar Nasional dan Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (Senmaster) 2021 yang digelar secara virtual, Kamis (2/12).

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi yang paling terdampak di masa pandemi Covid-19. Salah satunya dari berkurangnya jumlah wisatawan sehingga membuat sekitar 120 juta lapangan pekerjaan hilang. 

Selain itu, sekitar 1,1 miliar wisatawan terdampak pembatasan aktivitas akibat pandemi. Mereka tidak bisa melakukan kunjungan ke lokasi wisata dan akibatnya dampak ekonominya juga besar bagi wilayah yang mengandalkan sektor ekonomi kreatif.

"UMKM merupakan roda terbesar dalam menggerakkan ekonomi Indonesia terbukti dengan PDB ekonomi kreatif pada 2019 sebesar 1,154 triliun rupiah," kata pria yang biasa disapa Bang Sandi.

Dia menambahkan setiap usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus memiliki creativepreneur agar bisa bertahan di masa pandemi, yakni dengan menciptakan sebuah peluang bisnis baru.

"UMKM harus berani mengambil transformasi digital sebagai bagian inovasi dan kolaborasi dalam new normal," terangnya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengajak Rektor Universitas Terbuka memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif meningkatkan kompetensi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close