Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menpora: Inpres 3/2019 Jadi Titik Balik Kebangkitan Sepak Bola Indonesia Hingga Bangun TC di IKN

Jumat, 11 Oktober 2024 – 20:31 WIB
Menpora: Inpres 3/2019 Jadi Titik Balik Kebangkitan Sepak Bola Indonesia Hingga Bangun TC di IKN - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menpora Dito Ariotedjo mengunjungi Training Center IKN. Presiden ingin melihat progres pembangunan training center atau pusat latihan untuk tim nasional sepak bola. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan penggemar sepak bola itu mencapai 5 miliar orang di seluruh dunia.

Dengan angka tersebut, sepak bola tak terbantahkan sebagai cabang olahraga paling populer di muka bumi.

Berdasarkan data yang dikeluarkan FIFA, miliaran penggemar sepak bola itu tersebar di seluruh dunia, dengan basis terkuat berada di Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

Bagaimana dengan di Indonesia? Ternyata, kata Dito, rakyat Indonesia pun memilih sepak bola sebagai cabang paling digemari. Sejak masih berada di era kolonial, klub-klub sepak bola sudah mulai bermunculan di Indonesia.

Bahkan, klub-klub itu juga menjadi alat pemersatu dan perjuangan bangsa. Memasuki era kemerdekaan, pertumbuhan klub di Indonesia kian subur.

Lalu, muncullah Kompetisi Perserikatan yang diikuti oleh klub dari ujung barat hingga timur Nusantara. Kian semarak dengan kehadiran Kompetisi Galatama yang diikuti oleh sederet klub swasta. Hingga akhirnya kedua kompetisi digabungkan ke dalam Liga Indonesia pada era 90-an.

"Namun, maraknya kehadiran klub dan tingginya animo masyarakat pada cabang olahraga ini, tak berbanding lurus dengan prestasi Tim Nasional," katanya.

Masyarakat, khususnya penggemar sepak bola nasional kerap kecewa dengan prestasi yang ditorehkan Tim Nasional di berbagai level. Pasukan Garuda acap kali gagal bersaing dengan tim yang di atas kertas memiliki kualitas di bawah mereka.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan penggemar sepak bola itu mencapai 5 miliar orang di seluruh dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA