Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan Sebut Indonesia Kalahkan Amerika Serikat

Jumat, 09 Maret 2018 – 19:38 WIB
Mentan Sebut Indonesia Kalahkan Amerika Serikat - JPNN.COM
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Foto dok Humas Kementan

jpnn.com, MAKASSAR - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerangkan pihaknya saat ini menjalankan program Upaya Khusus (Upsus) di sektor agraris Indonesia.

Dengan program itu kata Amran, Indonesia terbebas dari mengimpor beberapa komoditas.

Dia menuturkan, aspek Upsus yang diterapkan meliputi perubahan mendasar atas kebijakan-kebijakan yang menghambat pelaksanaan program, perbaikan infrastruktur, penguatan peran industri hilir, introduksi asuransi pertanian, dan memperpendek rantai pasok komoditas pertanian.

Salah satu bukti nyata keberhasilan Upsus ini adalah ekspor jagung yang dilakukan ke Filipina. Di mana dulunya Indonesia selalu mengimpor.

“Tahun ini sudah ekspor jagung ratusan ribu ton. Seandainya tidak ada program Upsus, kami akan mengimpor 4-5 juta ton,” ujar dia di Makassar, Jumat (9/3).

Lulusan Universitas Hasanuddin ini menambahkan, berkat Upsus yang diterapkan peringkat sektor pertanian Indonesia di dunia juga meningkat tajam.

Sesuai survei yang dilakukan lembaga riset dan analisis ekonomi internasional The Economist Intelligent Unit (EIU) dan Barilla Center for Food and Nutrition (BCFN) Foundation, Indonesia menempati peringkat 16 dengan skor 53,87 untuk kategori pertanian berkelanjutan.

"Kita harus bangga, Indonesia berada di atas Tiongkok, Amerika Serikat, dan India," terang Amran.

Mentan menyebut, salah satu bukti nyata keberhasilan Upsus ini adalah ekspor jagung yang dilakukan ke Filipina. Di mana dulunya Indonesia selalu mengimpor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close