Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan Syahrul Ajak BRI Kolaborasi Majukan Pertanian

Jumat, 20 Desember 2019 – 21:04 WIB
Mentan Syahrul Ajak BRI Kolaborasi Majukan Pertanian - JPNN.COM
Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungannya ke kantor pusat BRI di Jakarta. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk berkolaborasi memajukan sektor pertanian dengan meningkatkan fasilitas dana kredit usaha rakyat (KUR).

"Kalau begitu, saya menyandarkan diri sama Bapak Dirut BRI, kami pakai uang perbankan untuk KUR Pertanian," kata Mentan saat kunjungan ke kantor pusat BRI, Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (19/12).

Mentan menjelaskan bahwa dana KUR yang sudah disiapkan untuk pertanian nantinya bisa diberikan oleh pihak bank setelah mendapat rekomendasi dari pemerintah, sehingga kredit tersebut akan diberikan pada pihak yang bertanggung jawab.

Syahrul juga mengajak pihak BRI meningkatkan penyaluran dana KUR untuk membangun pertanian didaerah atau didesa dimana nantinya pembangunan tersebut dapat menekan cost produksi serta distribusi.

"Contohnya merica (lada), kami sudah tumbuhkan kemudian dikumpulkan selanjutnya dibawa ke pabrik hanya untuk membuat sachet merica. Kenapa pabriknya enggak didorong aja masyarakat Pak. Toh kami bisa buatkan pabrik,” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso mengatakan, pihaknya selama ini sangat memperhatikan UMKM sektor pertanian. BRI, jelasnya, mendapat banyak pengajuan kredit dari usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan saat ini terus mengalami kenaikan.

“Dengan digitalisasi dapat mempercepat proses kredit UMKM dari 2 minggu menjadi 2 hari saja. Tujuan digitalisasi ini bukan untuk mengurangi tenaga kerja, tapi dengan proses yang cepat ini maka produktivitasnya naik. Sebagai contoh booking kredit mikro itu dulu rata rata 2.5 T per bulan sekarang sudah 4 T per bulan, karna proses sekrang lebih cepat,” ucapnya.

Dalam pertemuan ini, turut dihadiri Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Andrinof Chaniago, Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Catur Budi Harto serta jajaran direksi lainnya.(jpnn)

Mentan mengajak BRI untuk berkolaborasi memajukan sektor pertanian dengan meningkatkan fasilitas dana KUR.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close