Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri LHK Siti Nurbaya: Bibit dari Persemaian Mentawir untuk IKN

Selasa, 04 Juni 2024 – 13:03 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya: Bibit dari Persemaian Mentawir untuk IKN - JPNN.COM
Tangkap layar Menteri LHK Siti Nurbaya memberi paparan pada peresmian fasilitas persemaian Mentawir, Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (4/6/2024). Foto: ANTARA/Mentari Dwi Gayati

jpnn.com - JAKARTA - Pusat persemaian skala besar Mentawir di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memproduksi 8 juta bibit yang di antaranya digunakan merehabilitasi hutan dan lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Demikian dikatakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat memberi paparan pada peresmian persemaian Mentawir yang disaksikan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa (4/6).

"Bibit dari persemaian Mentawir telah dimanfaatkan untuk kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan di wilayah IKN, penanganan lahan kritis, rawan bencana dan pemulihan ekosistem di wilayah Kaltim, serta berbagai kegiatan penghijauan lingkungan oleh masyarakat di sekitar IKN dan akan menyebar sampai ke Kalimantan," kata Menteri Siti.

Siti Nurbaya menyebutkan bahwa persemaian Mentawir hingga saat ini telah memproduksi sekitar 8 juta bibit dan 4,9 juta bibit di antaranya telah didistribusikan.

Jenis bibit yang diproduksi di persemaian skala besar ini antara lain jenis tanaman kayu-kayuan endemik, tanaman hasil hutan bukan kayu (HHBK), tanaman estetika dan tanaman pakan satwa.

Dengan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo, pusat persemaian Mentawir ini didirikan untuk memenuhi penyediaan bibit-bibit berkualitas untuk program rehabilitasi hutan dan lahan dengan dampak nyata secara ekologis, ekonomis dan sosial.

"Persemaian ini menjadi salah satu pendukung kunci bagi upaya mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai smart forest city," kata Siti.

Adapun persemaian Mentawir dimulai konstruksinya pada akhir 2022 dan selesai pada Desember 2023 dengan kapasitas produksi bibit sebanyak 15 juta per tahun.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, bibit dari persemaian Mentawir untuk kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan di wilayah IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close