Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Luhut, Teten dan Erick Beber Gagasan soal UMKM di Harbolnas 12.12

Minggu, 13 Desember 2020 – 13:50 WIB
Menteri Luhut, Teten dan Erick Beber Gagasan soal UMKM di Harbolnas 12.12 - JPNN.COM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto Humas Kemenkop UKM.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan gagasan terkait UMKM dalam webinar "Kerja Bareng untuk Negeri" yang digelar Shopee, Sabtu (12/12).

Menteri Teten mengatakan pandemi Covid-19 ini mengubah perilaku konsumsi masyarakat, dari yang dulu membeli produk secara langsung sekarang beralih menuju online. 

Karena itu, Teten mengatakan para UMKM harus bisa beradaptasi di tengah perubahan perilaku konsumsi masyarakat.

Menurut Teten, dengan adanya inisiatif program Kerja Bareng untuk Negeri bersama Shopee, ini pelaku UMKM diharapkan dapat terus meningkatkan performa bisnis secara optimal.

"Dengan terus meningkatkan pengetahuan dan literasi digital, membangun model bisnis yang adaptif, serta penguatan akses pasar yang kolaboratif," kata Teten.

Menteri Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan UMKM merupakan salah satu penggerak roda ekonomi di Indonesia.

Menurutnya, dengan makin banyaknya UMKM yang hadir di Indonesia, para pelaku akan diberi kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan.

Hal itu supaya mereka secara efektif dan optimal dapat beradaptasi dengan penerapan literasi digital, demi melangsungkan bisnis UMKM-nya di era digital saat ini.

Menteri Teten mengatakan para UMKM harus beradaptasi perubahan perilaku konsumsi masyarakat, dengan meningkatkan literasi digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close