Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Teten Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi

Rabu, 24 Juni 2020 – 19:37 WIB
Menteri Teten Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi - JPNN.COM
Menkop UKM Teten Masduki. Foto: Kemenkop UKM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menilai para pelaku UMKM yang tersambung dengan ekosistem digital terbukti lebih mampu bertahan menghadapi krisis termasuk pandemi COVID-19.

Berbicara dalam webinar nasional bertema Pembayaran Sehat Menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) di Masa Pandemi COVID-19 dan New Normal di Jakarta Rabu (24/6), Menteri Teten mengatakan selama pandemi global itu justru UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital terlihat mampu bertahan dan tumbuh.

“Pandemi COVID-19 harus menjadi momentum untuk mempercepat digitalisasi UMKM di Indonesia. Saat ini baru 13 persen UMKM yang masuk ke ekosistem digital,” katanya.

Lebih lanjut Menteri Teten mengatakan, peningkatan transaksi melalui digital sebagian besar terjadi pada segmen kebutuhan primer termasuk makanan, minuman, perlengkapan sekolah, serta perlengkapan kesehatan pribadi (masker dan hand sanitizer).

“Kami selalu berdialog dengan para pelaku e-commerce dan pedagang pasar untuk mengingatkan bahwa perubahan perilaku konsumen ini harus diantisipasi dan ada tren belanja digital yang harus direspon,” katanya.

Teten dalam beberapa kali kunjungannya langsung ke warung-warung tradisional di pasar juga mulai menemukan banyak dari mereka yang sudah menggunakan aplikasi digital secara terbatas.

Terlebih saat ini, kesadaran masyarakat dan konsumen akan hal-hal higienis makin tinggi. Oleh karena itu pembenahan UMKM dengan digitalisasi merupakan upaya nyata untuk memperkuat daya saing mereka agar bisa masuk ke pasar yang lebih luas dan modern. 

Menurut Teten, upaya untuk itu juga membutuhkan dukungan dari Bank Indonesia (BI), terutama dukungan digital payment bagi pengembangan KUMKM.

“Smesco (Small and Medium Enterprise and Cooperatives) Indonesia juga sudah memakai QRIS. Ini jika makin diperluas dengan digitalisasi akan menjadi momentum UMKM untuk mengakses pasar lebih besar selain ada kemudahan untuk konsumen dan produsen di hulu, reseller di online juga akan saling kontribusi,” katanya.

Menkop UKM Teten Masduki menilai para pelaku UMKM yang tersambung dengan ekosistem digital terbukti lebih mampu bertahan menghadapi krisis termasuk pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close