Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Tjahjo: Pemerintah Hanya Merekrut PPPK, Formasi CPNS tidak Tersedia Pada 2022 

Rabu, 19 Januari 2022 – 01:02 WIB
Menteri Tjahjo: Pemerintah Hanya Merekrut PPPK, Formasi CPNS tidak Tersedia Pada 2022  - JPNN.COM
Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyatakan untuk seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada 2022, pemerintah hanya membuka lowongan PPPK.

Pemerintah, ujar Tjahjo, meniadakan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS). 

Dia menjelaskan keputusan terkait rekrutmen PPPK tersebut telah diatur dalam Surat MenPAN-RB Nomor B/1161/M.SM.01.00/2021 tanggal 27 Juli 2021 terkait Pengadaan ASN Tahun 2022. 

"Untuk seleksi CASN Tahun 2022, Pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK dan formasi untuk CPNS tidak tersedia," kata Tjahjo Kumolo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (18/1). 

Menurut dia, seleksi CASN 2022 tersebut akan diutamakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik, kesehatan dan penyuluh. 

"Berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun 2022 ini," ujar menteri asal PDI Perjuangan, itu. 

Tjahjo menjelaskan kebijakan peniadaan rekrutmen CPNS dan mengutamakan pengisian formasi PPPK tersebut, bercermin dari pengalaman sejumlah negara maju, yang mana jumlah PNS lebih sedikit, dan PPPK lebih banyak.

"Mengacu pada hal contoh baik tersebut, maka Pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju, sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat," jelasnya.

Menteri Tjahjo menyatakan pada 2022 pemerintah hanya merekrut PPPK, dan meniadakan formasi CPNS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close