Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MK Segera Putuskan PHPU Pilpres 2024, Presiden Jokowi Bilang Begini

Minggu, 21 April 2024 – 22:04 WIB
MK Segera Putuskan PHPU Pilpres 2024, Presiden Jokowi Bilang Begini - JPNN.COM
Dokumentasi - Presiden Joko Widodo bilang begini soal rencana Mahkamah Konstitusi (MK) segera memutuskan PHPU Pilpres 2024. Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com - GORONTALO - Presiden Joko Widodo angkat suara terkait rencana Mahkamah Konstitusi (MK) memutus permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024, Senin (22/4).

Presiden dengan tegas menyebut bahwa putusan terkait sengketa Pemilu Presiden (Pilpres) merupakan wilayah atau kewenangan Mahkamah Konstitusi (MK).

Dia menyatakan hal tersebut saat dimintai tanggapannya soal sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres 2024 yang akan digelar Mahkamah Konstitusi Senin (22/4) besok.

"Oh itu kan wilayahnya di wilayah Mahkamah Konstitusi," ujar Presiden Jokowi di sela kunjungan kerja di Gorontalo, Minggu (21/4).

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat dan seluruh pihak terkait, khususnya yang bersengketa dan para pendukung, menghormati dan menerima apapun hasil yang diputuskan Mahkamah Konstitusi.

Imbauan Wapres tersebut disampaikan Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

"Sidang MK adalah bagian dari mekanisme penyelesaian sengketa yang sah usai pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024. MK juga telah melakukan pelibatan publik untuk berpendapat, melalui amicus curiae atau sahabat pengadilan yang sudah disambut oleh para tokoh bangsa dan kaum cerdik pandai. Dengan demikian putusan MK legitimate," kata Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Menurut Masduki, Wapres meminta kepada segenap bangsa Indonesia untuk terus menjaga kerukunan dan persatuan demi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Presiden Joko Widodo bilang begini soal rencana Mahkamah Konstitusi (MK) segera memutuskan PHPU Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close