Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Muasal Kasus Baru Covid-19 di Pondok Gontor

Rabu, 08 Juli 2020 – 21:25 WIB
Muasal Kasus Baru Covid-19 di Pondok Gontor - JPNN.COM
Pondok Pesantren Gontor. Foto: Antara

jpnn.com, PONOROGO - Tujuh temuan kasus COVID-19 yang teridentifikasi berdasar hasil tes usap PCR pada sejumlah santri/calon santri di Pondok Modern Gontor kampus 2, Ponorogo, Jawa Timur semuanya berasal dari luar daerah.

Hal ini mengacu data resmi yang dikeluarkan Pemkab dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Ponorogo, sejak Ahad (6/7) yang mengonfirmasi kasus pertama santri terpapar SARS-CoV-2 hingga Rabu (8/7) yang mengumumkan adanya enam santri/calon santri baru terkonfirmasi positif COVID-19.

Pada kasus pertama, santri yang teridentifikasi positif corona berasal dari Sidoarjo. Kasus ini diketahui setelah Dinas Kesehatan Ponorogo mendapat informasi dari Dinkes Jatim bahwa ayah salah satu santri di Pondok Modern Gontor, dengan nama dan alamat disebut spesifik, positif COVID-19.

Selang dua hari kemudian, Rabu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni kembali mengumumkan hasil tes usap PCR di BPTKL Surabaya yang mengonfirmasi adanya enam santri, dari total 10 kasus baru, yang terkonfirmasi di Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Ponorogo.

Dari enam santri itu, dua orang di antaranya berasal Makassar, satu santri dari Manado, satu santri dari Banjarmasin, satu santri dari Ternate, dan satu santri lagi dari Gowa, Sulawesi Selatan.

Sama seperti santri terpapar COVID-19 pertama asal Sidoarjo, keenam santri asal luar Jawa ini diketahui masuk Pondok Gontor dengan membawa surat keterangan sehat, namun tanpa disertai hasil tes cepat (rapid test) COVID-19.

"Pondok Modern Gontor Kampus 2 menegaskan bahwa selama ini tidak ada kasus COVID-19 di Pondok Modern Gontor. Temuan kasus (pertama) bukan berasal dari lingkungan dalam Pondok Modern Gontor, tapi berasal dari luar pondok, yakni dari Sidoarjo," kata Wakil Pengasuh Pondok Modern Gontor Kampus 2, Muhammad Hudaya.

Ustad Huda menegaskan kasus santri positif COVID-19 hanya terjadi di Pondok Modern Gontor Kampus 2, namun tidak terjadi di kampus cabang-cabang Gontor lainnya termasuk tidak di kampus Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

loading...