Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mulan Jameela Cecar PLN soal Utang Ratusan Triliun

Selasa, 25 Agustus 2020 – 15:41 WIB
Mulan Jameela Cecar PLN soal Utang Ratusan Triliun - JPNN.COM
Anggota DPR Mulan Jameela. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR Fraksi Partai Gerindra Mulan Jameela mencecar PT PLN (Persero) yang memiliki utang mencapai ratusan triliun rupiah.

Hal itu dilakukan Mulan saat mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VII DPR dengan Dirut PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (25/8).

Legislator Dapil XI Jawa Barat itu mengungkap bila merujuk laporan PLN pada Kuartal I-2020, perusahaan pelat merah ini memiliki utang jangka panjang sebesar Rp 537 triliun.

Utang utang jangka pendek sebesar Rp 157, 79 triliun. "Dengan demikian, total uang PLN menjadi Rp 684,79 triliun," kata Mulan dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto itu.

Seperti diketahui, lanjut Mulan, utang perusahaan itu digunakan untuk membiayai proyek infrastruktur liatrik 35 ribu megawatt (MW).

"PLN tidak mempunyai dana sendiri sehingga harus melakukan pinjaman kepada perbankan Rp 100 triliun per tahun, untuk tujuan membangun pembangkit," ujar istri musikus Ahmad Dhani ini.

"Kondisi keuangan seperti ini tentu saja cukup mengagetkan dan tidak sehat," lanjut Mulan.

Nah, Mulan mengatakan yang ingin ditanyakan adalah dengan kondisi seperti ini bisakah PLN menjamin ketersediaan listrik nasional tanpa harus menaikkan tarif listrik ke masyarakat?

Mulan Jameela mencecar PLN soal utang yang mencapai ratusan triliun dan kenaikan tarif listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close