Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nama Gibran bin Jokowi Muncul, Konstelasi Politik di Solo Berubah

Sabtu, 09 November 2019 – 11:52 WIB
Nama Gibran bin Jokowi Muncul, Konstelasi Politik di Solo Berubah - JPNN.COM
Gibran Rakabuming Raka. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus melakukan pemetaan politik jelang Pilkada Serentak 2020. Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, pemetaan politik itu ditargetkan kelar sebelum parpol pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada awal tahun depan.

Hasto menyampaikan hal itu saat mengunjungi Solo, Jawa Tengah, Jumat (8/11). Menurutnya, Rakernas PDIP akan digelar bersamaan dengan perayaan ulang tahun partai berlambang kepala banteng itu pada 10 Januari 2020.

"Sebelum rapat kerja nasional yang akan dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun PDI Perjuangan 10 Januari 2020, kami sudah memfinalkan seluruh pemetaan politik strategis, termasuk Kota Solo," kata Hasto.

Khusus untuk Pilkada Solo, kata Hasto, PDIP terus melakukan pemetaan politik sekaligus survei untuk memantau elektabilitas calon yang akan diusung. Nama-nama bakal calon yang sudah mendaftar di DPC PDIP Solo, kata Hasto, elektabilitasnya akan diukur melalui survei yang dilakukan dewan pimpinan pusat (DPP).

"Dari situlah kombinasi antara proses penjaringan internal dengan pemetaan politik akan diambil keputusan siapa calon wali kota terbaik yang akan diusung PDI Perjuangan," tutur Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu mengatakan bahwac munculnya putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dalam bursa bakal calon wali kota Solo dari PDIP telah mengubah konstelasi politik di daerah berjuluk Kota Bengawan tersebut.

“Munculnya nama Mas Gibran, tentu saja ini mengubah konstelasi politik yang ada di Kota Solo Dan ini bagian dari pemetaan politik PDI Perjuangan," ungkap Hasto.

Hasto menyebut Solo merupakan kota strategis. Pasalnya, di kota itu pula lahir sosok Joko Widodo yang muncul dari bawah dan akhirnya menjadi presiden.

PDIP terus melakukan pemetaan politik jelang Pilkada Serentak 2020, termasuk untuk Kota Solo yang disemarakkan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close