Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Negara Jangan Hanya Mencintai Sumber Daya Alam Kawasan Timur Indonesia

Oleh: Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina

Jumat, 04 Oktober 2024 – 13:49 WIB
Negara Jangan Hanya Mencintai Sumber Daya Alam Kawasan Timur Indonesia - JPNN.COM
Founder Archipelago Solidarity Foundation Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina. Foto: dok pribadi for JPNN.com

jpnn.com - UPAYA pengembangan Kawasan Timur Indonesia sudah dilakukan dari masa ke masa pemerintahan Indonesia. Namun, sampai saat ini, kesenjangan yang terjadi tidak mengalami perbaikan. Kebijakan yang diambil selalu berganti dari kehilangan keberlanjutannya.

Ketiadaan roadmap atau blue print yang diaplikasikan bagi pengembangan kawasan timur Indonesia menyebabkan setiap rezim mengambil kebijakan baru yang secara tidak sadar mengoreksi kebijakan pemerintahan sebelumnya dan hampir selalu mulai dengan ide baru.

Situasi ini menyebabkan pergantian rezim identik dengan perubahan kebijakan tanpa menunjukkan hasil nyata dan keberpihakan yang nyata terhadap pengembangan kawasan timur.

Pada masa orde baru mengambil kebijakan sampai dengan saat ini masih terus menerapkan kebijakan transmigrasi dari Jawa ke kawasan timur. Kebijakan ini bukan menyelesaikan masalah di kawasan timur, tetapi justru memindahkan persoalan dari Jawa ke Kawasan Timur yang sudah bergelut dengan masalahnya sendiri.

Selain itu pada masa orde baru juga mengambil kebijakan Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet). Kebijakan ini juga layu sebelum berkembang dan menghilang seiring dengan jatuhnya pemerintahan orde baru.

Pada masa pemerintahan KH Abdurrahman Wahid mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2000 Tentang Dewan Pengembangan Kawasan Timur Indonesia.

Selain itu, pada masa KH Abdurrahman Wahid juga membentuk Menteri Negara Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia pada Kabinet Persatuan Nasional dan Kabinet Gotong Royong.

Hanya saja, sejak pergantian pemerintahan pada masa Susilo Bambang Yudhoyono menghilangkan kementerian ini dan digabung dalam Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal selama dua periode masa jabatan.

Engelina Pattiasina berharap pemerintahan Presiden Prabowo untuk berhenti omon-omon mengenai Kawasan Timur Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA