Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

NU Ingatkan Pemerintah soal Komersialisasi TKI

Said Aqil : Jangan Hanya Berpikir Devisa

Rabu, 08 Desember 2010 – 00:00 WIB
NU Ingatkan Pemerintah soal Komersialisasi TKI - JPNN.COM
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj.
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj, menyatakan bahwa pemerintah dan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) jangan hanya berpikir tentang devisa yang dihasilkan para TKI di luar negeri. Alasannya, pemikiran seperti itu akan menumbuhsuburkan komersialisasi TKI.

Menurut Said Aqil, masyarakat seolah-olah diajak untuk berpikir bahwa TKI yang berada di luar negeri adalah penghasil devisa sehingga Pemerintah menyebutnya pahlawan devisa. Sementara PJTKI sendiri kata dia, dengan bangga menunjukkan angka devisa hasil remitansi dana buruh migran.

Namun di balik kebanggan itu, lanjut pengganti Hasyim Muzadi itu, pemerintah tidak memberikan perlindungan yang memadai terhadap para TKI. Akibatnya, setiap tahun selalu saja ada TKI yang menjadi korban kekerasan, perkosaan dan pelecehan seksual, terutama di Arab Saudi.

"TKI jangan hanya dipikirkan devisa yang dihasilkannya, karena cara berpikir seperti itu nyata betul telah menumbuhsuburkan komersialisasi TKI," kata Said Aqil di Kantor PBNU di Jakarta, Selasa (7/12).

JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj, menyatakan bahwa pemerintah dan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA