Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nyarwi Ahmad Sebut Peluang Airlangga Kembali Pimpin Golkar Sangat Besar

Minggu, 17 November 2019 – 22:37 WIB
Nyarwi Ahmad Sebut Peluang Airlangga Kembali Pimpin Golkar Sangat Besar - JPNN.COM
Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis komunikasi dan marketing politik UGM Yogyakarta Nyarwi Ahmad menyatakan, Airlangga Hartarto memiliki peluang besar kembali memimpin Golkar periode 2019-2024.

"Airlangga Hartarto masih berpeluang besar memimpin Golkar. Besar kemungkinan musyawarah mufakat akan ditempuh," katanya, melalui pernyataan tertulis kepada Antara, di Jakarta, Minggu malam.

Nyarwi memprediksi tidak akan terjadi "guncangan" dalam Munas Golkar yang akan digelar pada awal Desember mendatang.

Apalagi, kata dia, Presiden RI Joko Widodo sudah mengingatkan soal itu pada saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-55 Golkar.

Menurut dia, Jokowi perlu mengingatkan karena jika terjadi guncangan di internal Golkar akan berdampak terhadap stabilitas dukungannya pada pemerintahan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Melihat tradisi dan budaya politik elite Golkar yang cenderung "mendengarkan" dan "mengikuti" apa yang diinginkan rezim politik dan pemerintahan yang berkuasa, kecil kemungkinan terjadi guncangan kepemimpinan dalam Golkar," katanya.

Diakui Nyarwi, saat ini sudah muncul empat nama yang digadang-gadang mencalonkan diri sebagai ketua umum pada Munas Golkar mendatang, tetapi tiga calon lain masih akan menahan diri.

"Sepertinya, tiga caketum yang lain sepertinya akan lebih menahan diri untuk tidak menggeser kepemimpinan Airlangga Hartarto dalam waktu dekat," katanya.

Analis komunikasi dan marketing politik UGM Yogyakarta Nyarwi Ahmad menyatakan, Airlangga Hartarto memiliki peluang besar kembali memimpin Golkar periode 2019-2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close