Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Optimalisasikan Aset, Pelindo I, II, III dan IV Bersinergi

Senin, 17 Desember 2018 – 04:35 WIB
Optimalisasikan Aset, Pelindo I, II, III dan IV Bersinergi - JPNN.COM
Pelabuhan. ILUSTRASI. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BUMN kepelabuhanan Pelindo I, II, III dan IV menyiapkan rencana sinergi untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pengguna jasanya. 

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam perjanjian kerja sama optimalisasi asset, engineering project dan penyediaan suku cadang antara PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI) dengan PT Equiport Inti Indonesia.

Kemudian perjanjian kerja sama pertukaran informasi dan dukungan penyediaan suku cadang antara PT JPPI dan dengan PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA) di Hotel Sheraton, Surabaya (14/12).

PT JPPI yang merupakan anak usaha Pelindo II akan diproyeksikan menjadi subholding membawahi BIMA (anak usaha Pelindo III) dan Equiport (anak usaha Pelindo IV) untuk menangani maintenance peralatan pelabuhan melalui penanaman saham baru.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto mengatakan, sinergi ini tidak terlepas dari imbauan Menteri BUMN yang menginginkan anak usaha perusahaan plat merah menghilangkan sekat kewilayahan. 

“Semua peralatan pelabuhan di wilayah Pelindo I, II, II dan IV nantinya akan dimaintenance oleh tiga perusahaan tersebut, dan tidak menutup kemungkinan akan merambah ke wilayah TUKS dan pelabuhan swasta sehingga bisa meningkatkan pendapatan secara korporasi,” jelasnya. 

Selain itu, proses pengadaan alat di seluruh pelabuhan (Pelindo I s.d IV) juga akan dilakukan melalui satu pintu yang dikoordinir oleh JPPI.

Dengan begitu harga yang diperoleh akan lebih kompetitif karena dilakukan pembelian secara kolektif dibandingkan pengadaan oleh masing-masing Pelindo. 

Dengan begitu harga yang diperoleh akan lebih kompetitif karena dilakukan pembelian secara kolektif dibandingkan pengadaan oleh masing-masing Pelindo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close