Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Otsus Papua: Ada Kepala Daerah Kendalikan Pemerintahan dari Jakarta

Kamis, 13 Agustus 2020 – 04:40 WIB
Otsus Papua: Ada Kepala Daerah Kendalikan Pemerintahan dari Jakarta - JPNN.COM
Warga Papua. Ilustrasi Foto: dok Kemendagri

jpnn.com, JAYAPURA - Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Boy Markus Dawir menyebutkan beberapa contoh keberhasilan implementasi UU Otonomi Khusus (Otsus) di Bumi Cenderawasih itu.

"Keberhasilan Otsus itu banyak, seperti dalam bidang pendidikan, ada ribuan anak-anak kita (asli Papua) dikirim sekolah keluar negeri, baik dikirim ke Australia, Selandia Baru, Jerman, Belanda dan Amerika. Kemudian dikirim Afrika, Cina, hingga Jepang," katanya di Jayapura, Papua, Rabu (12/8).

Dikatakan, di hampir semua negara besar di dunia, ada anak-anak Papua yang dikirim untuk menuntut ilmu di sana,

“Hal itu merupakan bentuk dari keberhasilan pelaksanaan Otsus,” ujarnya.

Selain itu, ada pendidikan gratis untuk anak-anak Papua.

“Ada juga penyaluran dana Otsus untuk keagamaan seperti ke sinode gereja, pelayan Tuhan (pendeta) juga terima, termasuk para Bupati dan Wali Kota yang memiliki program untuk keagamaan dan pendidikan, termasuk kesehatan, dan itu sumbernya dari dana dari Otsus," katanya.

Sementara untuk kelompok atau pihak yang berteriak Otsus gagal, minta referendum, atau minta Papua merdeka, menurutnya itu merupakan hal yang biasa dalam sebuah negera demokarasi.

"Misalnya di negara-negara yang menjunjung tinggi demokrasi seperti Australia, Jerman, dan Amerika, biasa saja aspirasi seperti itu. Karena hal biasa dalam dinamika sebuah negara.

loading...