Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Optimistis Makan Bergizi Gratis Momentum Perbaikan Gizi Bagi Anak Indonesia

Rabu, 10 Juli 2024 – 19:47 WIB
Pakar Optimistis Makan Bergizi Gratis Momentum Perbaikan Gizi Bagi Anak Indonesia - JPNN.COM
Pakar Kesehatan Masyarakat Indonesia Hermawan Saputra (kedua kanan). Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Kesehatan Masyarakat Indonesia Hermawan Saputra bersepakat dengan ekonom yang sekaligus advokat SDGs di bawah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Jeffrey Sachs yang mengatakan program makan bergizi gratis merupakan bentuk investasi sekaligus cara yang efektif bagi negara untuk memperbaiki nutrisi masyarakatnya.

Hermawan optimistis program makan siang gratis yang kini berganti nama menjadi makan bergizi gratis di pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi investasi penting dan efektif untuk perbaikan gizi.

Menurut dia, hal ini bisa menjadi momentum yang baik apa bila program makan bergizi gratis ini benar-benar dikawal dengan baik, dipercaya akan membawa Indonesia mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.

“Efektif apabila dikawal oleh pakar kesehatan masyarakat apabila dikawal oleh praktisi gizi kesehatan, artinya makanya ini kan harus bergeser daripada kampanye makan siang gratis menjadi makan bergizi gratis nah ide makan bergizi ini yang harus betul-betul memperbaiki nutrisi,” ujar Hermawan, Rabu (10/7/2024).

Hermawan yang juga ketua umum PP Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) ini mengatakan harus ada intervensi pemerintah yang tepat untuk memperbaiki gizi agar anak-anak dan remaja Indonesia ke depan memiliki kognisi, inteligensi dan daya tahan tubuh yang prima.

“Jadi, kita akan memiliki cita-cita Indonesia emas 2045 jadi kalau kita berusaha betul-betul melakukan intervensi spesifik dengan tepat di saat usia anak dan remaja, maka 21 tahun ke depan itu akan berpengaruh terutama berdampak kepada aspek kognisi, daya nalar, daya pikir inteligensia, aspek daya tahan tubuh dan kondisi fisik dan aspek tumbuh kembang itu sendiri menjadikan bentuk-bentuk intervensi,” ucapnya.

Melalui program ini juga Hermawan berharap dapat menjadi pintu masuk untuk pengendalian konsumsi berlebih terhadap gula, garam dan juga lemak yang mengakibatkan risiko penyakit.

Pasalnya, Indonesia menjadi negara dengan tingkat diabetes tertinggi di ASEAN.

Pakar Kesehatan Masyarakat Indonesia Hermawan Saputra bersepakat dengan ekonom Jeffrey Sachs soal program makan bergizi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close