Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pandemi Covid-19 Bikin Tantangan Humas Makin Berat  

Selasa, 26 Januari 2021 – 23:48 WIB
Pandemi Covid-19 Bikin Tantangan Humas Makin Berat   - JPNN.COM
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih melanda dunia. Situasi ini membuat utilisasi teknologi digital bagi masyarakat untuk mencari informasi menjadi sangat masif dan jadi tantangan tersendiri bagi public relation (PR) atau humas.

“Dengan pandemi Covid-19, semua berhenti. Di tahun 2021, dunia humas bukan menghadapi satu tantangan, tetapi sepuluh tantangan. Sepuluh tantangan kompleksitas dunia praktisi humas,” kata Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) Agung Laksamana.

Hal ini dia sampaikan saat menjadi keynote speech pada acara penghargaan Indonesia Public Relation Award (IPRA) 2021: Navigating the Better Future, yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi secara virtual pada, Selasa (26/1).

Agung membeberkan, selain dari pandemi Covid-19, tantangan yang dihadapi PR mencakup disrupsi bisnis, media lansekap yang berubah, adanya fake news dan hoaks, adanya fake influencer dan fake followers, serta keberadaan robot journalism dan artificial intelligence (AI).

Selain itu, kondisi yang serba mobile juga menjadi tantangan tersendiri. Ada pula soal informasi yang berlebihan, hingga tingkat perhatian audience yang berkurang.

“Robot sudah bisa membuat berita, di Jepang artificial intelligence (AI) sudah bisa menjadi creative director, membuat iklan, dan video musik” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad mengatakan, penyelenggaraan Indonesia Public Relation Award (IPRA) kali ini memiliki suasana dan makna yang berbeda dibanding tahun sebelumnya.

“Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2020 ini, disebutkan bahwa sebanyak 77 persen dari responden yang merupakan para praktisi di dunia ke-PR-an merasakan betul bahwa peran PR menjadi semakin penting di saat pandemi ini,” ujar Fadel.

Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi public relation (PR) atau humas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close