Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Panen Raya Benih Bawang Putih di NTB jadi Langkah Konkret Menuju Swasembada Nasional

Rabu, 31 Juli 2024 – 13:25 WIB
Panen Raya Benih Bawang Putih di NTB jadi Langkah Konkret Menuju Swasembada Nasional - JPNN.COM
Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari saat menyaksikan panen raya benih bawang putih di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Direktorat Jenderal Hortikultura kembali menggelar panen raya benih bawang putih yang kali ini berlokasi di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Panen yang dilakukan Kelompok Tani Pusuk Pujata pada Kamis (25/7) lalu ini disaksikan Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari bersama dengan perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB.

Selain itu juga disaksikan perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi NTB, beserta jajaran forkopimda, polsek, camat, kepala desa, serta petani yang terlibat dalam kegiatan swakelola.

Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari mengatakan inisiasi kegiatan swakelola didasari ketika Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki program pengembangan kawasan bawang putih namun benihnya tidak tersedia.

"Melalui terobosan kegiatan swakelola yang bekerja sama dengan kelompok tani diharapkan dapat menyediakan benih bermutu yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam waktu dan jumlah yang ditentukan," ujar Inti dalam keterangannya, Rabu (31/7).

Selain itu, lanjut Inti, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dan memberi semangat kepada para petani untuk terus berproduksi.

Inti menyampaikan panen raya ini merupakan salah satu langkah konkret menuju swasembada bawang putih nasional sesuai program Kementan melalui Ditjen Hortikultura.

Upaya yang dilakukan, di antaranya dengan menjamin penyediaan benih bermutu melalui kegiatan swakelola penyediaan benih.

Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari menyebut panen raya benih bawang putih di NTB merupakan langkah konkret menuju swasembada nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA