Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pangi: KIB Idealnya Usung Capres dan Cawapres dari Internal

Sabtu, 23 Juli 2022 – 16:14 WIB
Pangi: KIB Idealnya Usung Capres dan Cawapres dari Internal - JPNN.COM
Koalisi Indonesia Bersatu yang berisi Golkar, PAN, dan PPP. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras

jpnn.com, JAKARTA - Ketua umum PPP Suharso Monoarfa mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terbuka untuk mengusung calon wakil presiden dari kalangan non-parpol. Namun, untuk capres haruslah kader dari salah satu partai anggota.

Namun, analis politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden sebaiknya kader partai pengusung.

"Cawapresnya ada dari partai kenapa tidak. Orang-orang yang terbaik dipilih, jangan sampai kemudian orang partai itu dianggap gak mampu dan gak bisaa diandalkan," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center, Sabtu (23/07).

Pangi mengingatkan partai politik tidak melukai dan menggangu semangat kaderisasi yang selama ini berjalan dan berjejang dari bawah.

Seseorang menjadi capres atau cawapres tanpa pernah membesarkan dan berkontribusi pada partai bisa menimbulkan kesan partai bisa dibeli dan pragmatis.

"Jangan sampai orang mudah sekali, jangan masuk partai, gak usah besarin partai, gak usah berkontribusi di partai, tiba-tiba dijadikan capres, itu merusak kaderisasi partai," ujarnya.

Pangi mengakui pemilihan capres dan cawapres harus saling menguatkan dan melengkapi. Cawapres menjadi penting karena jika salah memilih, maka tidak akan efektif, mendongkrak atau menambah elektoral.

Faktor pendukung pemilihan cawapres bervariasi. Mulai dari elektabilitasnya, sampai melengkapi representasi wilayah.

Seseorang menjadi capres atau cawapres tanpa pernah membesarkan dan berkontribusi pada partai bisa menimbulkan kesan partai bisa dibeli dan pragmatis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close