Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Para Tokoh Masyarakat Diingatkan Beri Teladan Penerapan Protokol Kesehatan

Jumat, 19 Februari 2021 – 20:55 WIB
Para Tokoh Masyarakat Diingatkan Beri Teladan Penerapan Protokol Kesehatan - JPNN.COM
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peran tokoh komunitas sangat penting dalam mengubah perilaku masyarakat agar semakin taat menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam Alinea Forum bertajuk Mempertangguh Komunitas Saat PPKM Mikro, Jumat (19/2).

 Menurutnya, jika setiap individu disiplin, pencegahan penularan pandemi Covid-19 akan makin mudah.

Dia mengatakan individu yang disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, akan mencegah infeksi baik pada diri sendiri maupun dalam komunitasnya.

"Dari disiplin individu akan membuat pertahanan selanjutnya dalam populasi yang besar. Tentu saja gerakan itu harus banyak dilakukan," kata Siti.

Dia mengatakan dalam menangani pandemi, pemerintah harus melakukan berbagai macam intervensi. Salah satunya perubahan perilaku masyarakat. Dia menegaskan, pola hidup merupakan hal sentral dalam menanggulangi pandemi.

"Apalagi saat ini kita belum temukan cara, misalnya obat untuk mengobati Covid-19. Jadi kita baru tahap pencegahan. Pencegahan pun risiko penularannya masih sangat tinggi, karena memang penularannya sangat cepat. Secara cepat banyak orang terjangkit, kemudian menjadi sakit," kata dia.

Untuk mempercepat perubahan perilaku di tingkat komunitas, menurut dia, kontribusi para tokoh sangat signifikan.

Saat ini dibutuhkan keteladanan dari tokoh-tokoh atau publik figur untuk melakukan peran penerapan protokol kesehatan cegah covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close