Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Partisipasi Ganjaran Buruh Pada Nadran Cirebon Jadi Upaya Lestarikan Budaya Lokal

Senin, 25 Desember 2023 – 00:01 WIB
Partisipasi Ganjaran Buruh Pada Nadran Cirebon Jadi Upaya Lestarikan Budaya Lokal - JPNN.COM
Ganjaran Buruh Berjuang berpartisipasi dalam kegiatan pesta dan sedekah laut di Cirebon. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, CIREBON - Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) berupaya melestarikan budaya daerah dengan ikut serta memeriahkan perayaan upacara nadran dan sedekah laut di Mertasinga, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Minggu (24/12).

Nadran merupakan upacara tradisional berupa pesta laut yang diadakan oleh para nelayan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen atau tangkapan yang diperoleh setahun terakhir.

Ribuan kapal nelayan dengan berbagai ukuran ikut serta dalam perayaan tersebut. Tiap kapal yang telah dihias oleh para pemiliknya ini, ikut berkeliling dengan rute yang telah ditentukan.

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan perayaan yang diikuti ribuan warga pesisir Cirebon ini juga menjadi simbol permohonan kepada Tuhan, agar para nelayan bisa lebih sejahtera di tahun berikutnya.

"Momentum hari ini bagi warga sangat penting untuk mendapat berkah. Memohon kepada Allah SWT untuk memberikan agar ke depan pendudukan di sini, warga pekerja sektor perikanan ini bisa lebih sejahtera," kata Lukman.

Untuk menyukseskan perayaan ini, GBB bekerja sama dengan koperasi unit desa (KUD) Mina Waluya dan para buruh perikanan di wilayah setempat.

"Jadi, partisipasi GBB bersama KUD Mina Waluya ini juga dalam rangka melestarikan budaya lokal di sini. Karena di sini selain nadran dan sedekah laut, diadakan juga pesta seni budaya rakyat setelah larung laut," ujarnya.

Lukman juga menyampaikan kekagumannya terhadap antusiasme masyarakat terhadap upacara tersebut. Menurutnya, ini menjadi bukti kepedulian warga untuk tetap melestarikan budaya daerah mereka.

Ganjaran Buruh Berjuang berusaha berpartisipasi pada Nadran dan sedekah laut yang diadakan di Cirebon, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close