Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pasien Kanker Payudara HER2 Positif Mengeluh soal Akses Mendapatkan Pengobatan

Kamis, 18 Maret 2021 – 08:46 WIB
Pasien Kanker Payudara HER2 Positif Mengeluh soal Akses Mendapatkan Pengobatan - JPNN.COM
BPJS Kesehatan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan Hari Perempuan Internasional setiap tanggal 8 Maret selalu menjadi momentum untuk menyuarakan aspirasi kaum hawa.

Tak terkecuali dalam akses mendapatkan pengobatan bagi ribuan pasien kanker payudara, yang merupakan jenis kanker terbanyak pada perempuan.

Hingga hari ini, pasien kanker payudara terutama jenis HER2 positif (Human Epidermal Growth Factor Receptor 2) stadium dini masih terus berjuang agar pengobatan mereka bisa dijamin secara lengkap oleh BPJS Kesehatan.

Walaupun secara aturan sudah jelas tercantum rincian terapi dan obat apa saja yang termasuk dalam tanggungan BPJS Kesehatan, pada praktiknya ternyata belum tentu akses terhadap terapi tersebut benar-benar bisa terealisasi.

Tantangan ini dihadapi Sartini (44 tahun), seorang pasien kanker payudara stadium lanjut dari Yogyakarta.

Sartini baru saja mendapat pengalaman pahit saat harus mengakses pengobatan di BPJS akibat implementasi kebijakan yang berbeda-beda di tiap daerah.

Sartini didiagnosis kanker payudara HER2 positif stadium 3 sejak 2019 dan bulan lalu terdiagnosis metastatik ke hati. Dia direkomendasikan dokter untuk kemoterapi dan terapi target trastuzumab.

Saat masih stadium 3 , Sartini mengaku mendapat informasi bahwa trastuzumab tidak bisa diklaim di BPJS Kesehatan, karena hanya tersedia untuk stadium metastasis atau stadium 4.

Pasien kanker payudara jenis HER2 positif berharap pengobatan mereka bisa dijamin secara lengkap oleh BPJS Kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close