Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PBNU Harap ASEAN IIDC 2023 Bisa Ciptakan Toleransi di Kawasan

Senin, 07 Agustus 2023 – 15:45 WIB
PBNU Harap ASEAN IIDC 2023 Bisa Ciptakan Toleransi di Kawasan - JPNN.COM
Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf mengatakan ASEAN IIDC 2023 diadakan sebagai inisiasi untuk memulai konsolidasi yang mendorong tumbuhnya harmoni dan toleransi dalam sambutannya di Jakarta, (7/8). Foto: LTN PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf mengatakan acara Konferensi Dialog Antarbudaya dan Antaragama ASEAN (ASEAN IIDC) 2023 diadakan sebagai inisiasi untuk memulai konsolidasi dari konstituen sebuah peradaban besar yang dapat mendorong tumbuhnya harmoni, toleransi, dan perdamaian.

"Kami menyelenggarakan forum ini sebagai inisiasi dalam konsolidasi konstituen peradaban besar, yang dapat mendorong tumbuhnya harmoni, toleransi, dan perdamaian," kata Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya dalam sambutannya di Jakarta, Senin (7/8).

Pria yang akrab disapa Gus Yahya itu menyebutkan acara ASEAN IIDC 2023 sebagai suksesor dari acara Religion of Twenty (R20) yang dilaksanakan pada November tahun lalu.

Dia menyebutkan acara ASEAN IIDC 2023 terinspirasi dari kesamaan nilai-nilai warisan peradaban masyarakat ASEAN yang sudah ada sejak abad ketiga sebelum masehi.

Dia menyebutkan nilai-nilai peradaban ASEAN memiliki ciri-ciri utama yakni toleransi, harmoni, dan perdamaian.

"Semoga juga bisa menginspirasi dinamika internasional secara keseluruhan," ujarnya.

Gus Yahya juga menyebutkan pihaknya ingin berkontribusi dalam memberikan slogan dari keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun ini.

Tak hanya itu, dia juga menyatakan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginspirasi PBNU untuk dapat lebih keras berupaya dalam memberi kontribusi pada berbagai agenda yang bersifat pemenuhan pelayanan terhadap hajat masyarakat, baik domestik maupun internasional. (mcr8/jpnn)

Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf mengatakan ASEAN IIDC 2023 diadakan sebagai inisiasi untuk memulai konsolidasi yang mendorong tumbuhnya harmoni dan toleransi

Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close