Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PDIP Harap Anak Muda Mengaktualisasi Api Semangat Bung Karno

Minggu, 03 Juli 2022 – 21:07 WIB
PDIP Harap Anak Muda Mengaktualisasi Api Semangat Bung Karno - JPNN.COM
Diskusi publik dengan tema: “Bung Karno: Arsitek Kemerdekaan Bangsa-bangsa” yang diadakan di secara hybrid di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (3/7). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menilai warisan Proklamator RI Bung Karno harus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat.

Hal ini disampaikannya saat membuka diskusi publik dengan tema: “Bung Karno: Arsitek Kemerdekaan Bangsa-bangsa” yang diadakan di secara hybrid di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (3/7).

“Apa pun yang diwariskan Bung Karno kepada kita semua, tanggung jawab kita terutama generasi muda bisa mengambil apinya, mengambil semangatnya, kemudian mengaktualisasikan dengan kondisi dan tantangan ke depan seperti apa,” kata Djarot.

Dia menyampaikan Bung Karno tak hanya mewariskan buah hasil karyanya untuk Indonesia. Bangsa-bangsa di dunia juga mendapatkan warisan dari karya dan perjuangan Bung Karno.

“Artinya apa? Kita menerima warisan itu untuk menjadikan Indonesia seperti yang dicita-citakan oleh Bung Karno dan para founding father kita untuk mewujudkan Indonesia yang benar-benar merdeka, satu, berdaulat, adil, dan makmur,” ungkap Djarot.

Anggota DPR RI itu menerangkan Bung Karno merupakan arsitek kemerdekaan bangsa-bangsa di dunia. Di Indonesia, Bung Karno mencanangkan fondasi yang pertama, yakni ideologi Pancasila.

Djarot menuturkan, dengan ideologi Pancasila, maka terbentuk karakter. Menurutnya, dengan karakter tersebut, seseorang menjadi manusia seutuhnya.

“Ketika kehilangan karakter, maka hilanglah semuanya, tidak menjadi manusia seutuhnya, tidak mempunyai karakter, tidak mempunyai kepribadian yang tangguh, tidak mempunyai semangat juang yang menyala-nyala dan tidak paham dilahirkan sebagai bangsa," kata Djarot.

Anak muda diharapkan mengaktualisasikan api semangat Bung Karno dengan kondisi dan tantangan kekinian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close