Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelamar PPPK 2021 Beruntung, Pelamar Guru Hanya 921 Ribu, Peluang Makin Besar

Selasa, 27 Juli 2021 – 18:17 WIB
Pelamar PPPK 2021 Beruntung, Pelamar Guru Hanya 921 Ribu, Peluang Makin Besar - JPNN.COM
Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) melansir data jumlah pelamar PPPK guru hingga penutupan 26 Juli 2021 pukul 23.59 WIB sebanyak 921.405 orang.

Jumlah tersebut berkurang sebab, yang mengisi formulir sebanyak 967.637 orang. 

Dari jumlah tersebut yang sudah diverifikasi BKN dan dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebanyak 543.079. Verifikasi tidak memenuhi syarat (TMS) nol. Belum verifikasi 378.326 orang 

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan jumlah pelamar PPPK guru memang tidak terlalu banyak dibandingkan jumlah formasi yang disiapkan 520 ribu lebih.

"Penerimaan PPPK tahun ini memang spesifik untuk menyelesaikan guru honorer yang sdh terdata dalan Dapodik, honorer K2  di database BKN, dan lulusan PPG," kata Suharmen kepada JPNN com, Selasa (27/7).

Dia menjelaskan jumlah pelamar PPPK 2021 guru dibatasi sehingga tidak membeludak. Bagi mereka yang belum menjadi guru honorer tidak bisa mendaftar untuk ikut seleksi kompetensi tahap 1. 

"Dugaan saya dengan dilakukannya flagging terhadap data pelamar oleh Kemendikbudristek, membuat ruang gerak peserta untuk mendaftar juga menjadi sangat terbatas makanya tidak sampai sejuta kan pelamarnya," tuturnya.

Suharmen menyebutkan kemungkinan besar selama ini peminat menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang terbanyak dari kelompok fresh graduate.

BKN mengungkapkan jumlah pelamar guru PPPK sangat minim sehingga peluang makin besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close