Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemekaran Makin Bebani Daerah Induk

Minggu, 02 November 2008 – 15:50 WIB
Pemekaran Makin Bebani Daerah Induk - JPNN.COM
JAKARTA - Ibarat seorang ibu yang melahirkan lebih dari satu bayi sekaligus, kabupaten induk yang langsung dimekarkan menjadi dua atau tiga sekaligus, beban keuangannya akan cukup berat. Pasalnya, induk harus memberikan bantuan dana selama 2 tahun berturut-turut, termasuk bantuan dana pilkada pertama kalinya nanti.

Hal ini dialami Pemerintah Kabupaten Nias yang daerahnya dimekarkan tiga yakni Kabupaten Nias Barat, Nias Utara, dan Kota Gunungsitoli. Total dana yang harus dikeluarkan Pemkab Nias sebagai induk selama 2 tahun mencapai Rp 45,5 miliar.

Kabupaten Tulang Bawang (Lampung) sebagai induk juga punya beban berat karena harus menghidupi Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Mesuji. Seluruh Rancangan Undang-Undang (RUU) kabupaten/kota terbaru itu disahkan 29 Oktober 2008 pekan lalu, yang masuk paket 12 RUU. Total dana yang harus dikeluarkan Pemkab Nias sebagai induk selama 2 tahun mencapai Rp 45,5 miliar.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumut, Yoppie Batubara menilai besarnya kewajiban daerah induk tersebut akan berpengaruh banyak pada pos  pengeluaran Pemkab Nias dan Pemkab Tulang Bawang.

JAKARTA - Ibarat seorang ibu yang melahirkan lebih dari satu bayi sekaligus, kabupaten induk yang langsung dimekarkan menjadi dua atau tiga sekaligus,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA