Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Klaim Telah Memeriksa 14 Ribu Spesimen PCR

Selasa, 07 April 2020 – 18:47 WIB
Pemerintah Klaim Telah Memeriksa 14 Ribu Spesimen PCR - JPNN.COM
Ilustrasi wabah corona. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengklaim, pihaknya telah memeriksa sebanyak 14.354 spesimen melalui metode Polymerase Chain Reaction atau PCR, per data Selasa (7/4) hingga pukul 08.00 WIB.

"Pada hari ini sampai pukul 08.00, kami sudah lakukan pemeriksaan 14.354 spesimen untuk PCR real time," kata Yuri dalam keterangan resminya di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (7/4) ini.

Yuri menjelaskan, belasan ribu spesimen tersebut berasal dari 300 lebih Rumah Sakit (RS) rujukan terkait corona di seluruh Indonesia. Mulai dari RS milik pemerintah, BUMN, TNI, Polri, dan swasta.

"Spesimen ini yang dikirim lebih 300 RS rujukan Covid-19. Jadi dari RS umum, pemerintah, RS milik BUMN, TNI, Polri, dan swasta," ucap dia.

Namun, Yuri tidak merinci lebih lanjut soal pemeriksaan spesimen ini. Misalnya terkait batas waktu hasil pemeriksaan keluar dan peta persebaran spesimen didapatkan.

Dia hanya menekankan bahwa upaya pemeriksaan spesimen ialah langkah pemerintah menemukan kasus positif. Pemerintah ingin menekan penularan dengan melakukan isolasi kepada pasien yang nantinya dianggap positif.

Lebih lanjut, kata Yuri, upaya pemerintah untuk menekan corona ini tidak bisa berjalan mulus tanpa peran masyarakat. Dia pun mengingatkan masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah seperti rajin mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

"Tentunya upaya yang kami lakukan ini bukan merupakan upaya yang bisa berjalan sendiri-sendiri. Diperlukan peran masyarakat, karena hakekatnya masyarakat ujung tombak untuk mengehentikan pandemi Covid-19 di tanah air," kata dia. (mg10/jpnn)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengklaim, pihaknya telah memeriksa sebanyak 14.354 spesimen melalui metode Polymerase Chain Reaction atau PCR

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close