Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemkab Tak Ikut Nikmati Hasil Kebun

Minggu, 25 Desember 2011 – 10:45 WIB
Pemkab Tak Ikut Nikmati Hasil Kebun - JPNN.COM
MESKI sebagian besar wilayahnya merupakan perkebunan dan banyak dikelola perusahaan swasta, tidak berarti Kabupaten Mesuji, Lampung, menjadi daerah maju. Kabupaten yang bisa dibilang masih balita itu memang belum bisa menikmati hasil kebun. Sarana dan prasarana juga masih pas-pasan.

Misalnya, infrastruktur jalan di kabupaten berpenduduk sekitar 190 ribu jiwa itu. Jalan mulus hanya bisa dirasakan di jalur lintas timur Sumatera. Jalur tersebut memang berstatus jalan nasional sehingga pemeliharaannya pun tidak dilakukan pemkab. Melalui jalan lintas timur Sumatera itulah, orang bisa menuju Mesuji dan Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung.

Jangan harap menemukan jalan mulus lainnya di Mesuji selain jalan lintas timur Sumatera. Kalaupun ada jalan aspal, wujudnya bopeng di sana-sini. Kondisi seperti itu bahkan masih ditemui di akses menuju pusat pemerintahan, Kampung Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya.

Dari lintas timur Sumatera menuju Brabasan, kondisi sepanjang jalan bisa dikatakan hancur. Jalan selebar 10 meter itu memisahkan lahan register 45 dengan  permukiman penduduk yang mayoritas dihuni transmigran dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Aspal ambles, debu, dan kubangan air menjadi pemandangan yang menemani pengguna jalan hingga pusat pemerintahan Mesuji.

MESKI sebagian besar wilayahnya merupakan perkebunan dan banyak dikelola perusahaan swasta, tidak berarti Kabupaten Mesuji, Lampung, menjadi daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA