Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pencurian Data Perusahaan Marak

KPPU Ikut Dicatut

Selasa, 27 Januari 2009 – 00:52 WIB
Pencurian Data Perusahaan Marak - JPNN.COM
JAKARTA – Ketatnya persaingan bisnis membuat banyak perusahan kehilangan etika. Berbagai cara ditempuh untuk memperoleh data penting perusahaan pesaing. Salah satunya, mengatasnamakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk memperoleh informasi.

   

“Fenomena di tahun 2009 ini kasus-kasus seperti itu semakin kencang. Mungkin ini buntut persaingan yang semakin ketat, ujar Direktur Komunikasi KPPU, A. Junaidi kemarin. Menurut dia, berbagai laporan telah diterima KPPU dari beberapa perusahaan besar, terkait permintaan informasi tertentu mengatasnamakan KPPU. Padahal surat-surat palsu yang mirip surat resmi KPPU itu, dikirim pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.  

   

Di awal tahun ini saja, telah ada dua surat yang ditujukan kepada Kepala Bagian Logistik PT. Industri Kereta Api Indonesia (INKA) Madiun, pada tanggal 14 Januari lalu dan kepada PT Dahana (Persero) pada tanggal 16 Januari 2009. Dalam surat tersebut mereka meminta daftar rekanan perusahan yang biasa mengikuti tender. “Nampaknya mereka ingin mengetahui siapa saja dan seberapa besar kemampuan kompetitor yang ikut tender,” tukasnya.

   

Data seperti itu, menurut Junaidi, menjadi penting untuk dimiliki sebuah perusahaan yang juga ingin mengikuti tender tertentu. Sebab dengan begitu, mereka dapat mengukur kemampuan lawan. Caranya dengan menaikkan kualifikasi penawaran sedikit diatas lawan. “Biasanya mereka berusaha mencuri data pada waktu persiapan tender. Harapannya mereka bisa menang atas pelaku usaha lain dalam proses tender tersebut,” tuturnya.

   

JAKARTA – Ketatnya persaingan bisnis membuat banyak perusahan kehilangan etika. Berbagai cara ditempuh untuk memperoleh data penting perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close